SILABUS
Mata Pelajaran :
PPKn
Kelas :
X (Sepuluh)
Semester :
Ganjil dan Genap
Alokasi Waktu :
2 Jam Pelajaran / Minggu
Kompetensi
Inti:
KI-1: Menghayati dan mengamalkan ajaran agama
yang dianutnya.
KI-2: Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur,
disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),
bertanggung jawab, responsif, dan pro-aktif dalam berinteraksi secara efektif
sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat
dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, kawasan regional, dan kawasan
internasional”.
KI-3: Memahami, menerapkan, dan menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI-4: Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah
konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya
di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu
menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
|
1.1. Mensyukuri
nilai-nilai Pancasila dalam praktik penyelenggaraan pemerintahan negara sebagai salah satu
bentuk pengabdian kepada Tuhan Yang Maha Esa
2.1
Menunjukkan sikap gotong royong sebagai
bentuk penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan
bernegara
3.1 Menganalisis Nilai-nilai Pancasila dalam
kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan Negara
4.1. Menyaji hasil analisis nilai-nilai Pancasila
dalam kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan Negara
|
Nilai-nilai
Pancasila dalam kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan Negara
a.
Sistem Pembagian
Kekuasaan Negara
b.
Kedudukan dan
Fungsi Kementerian Negara Republik Indonesia dan Lembaga Pemerintah Non Kementerian
c.
Nilai-nilai
Pancasila dalam Penyelenggaraan pemerintahan
|
·
Mengamati gambar
/tayangan vidio/film dengan penuh rasa syukur dan atau membaca dari berbagai sumber (buku, media
cetak maupun elektronik)nilai-nilai Pancasila dalam kerangka praktik penyelenggaraan
pemerintahan negara
·
Mengidentifikasi dan mengajukan pertanyaan mendalam/dialektis dengan menggunakan high-order-thinking skills (HOTS)
·
tentang Nilai-nilai
Pancasila dalam kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan Negara
·
Mengumpulkan informasi
dari berbagai sumber (Buku yang relevan, media masa, memanfaatkan Teknologi
Informasi dan Komunikasi)dengan penuh kejujuran dan toleransi tentang Nilai-nilai
Pancasila dalam kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan Negara
·
Menganalisis dan mempresentasikan hasil analisis kerja kelompok tentangtentang Nilai-nilai Pancasila dalam kerangka praktik penyelenggaraan
pemerintahan Negara
|
|
1.2. Menerima ketentuan Undang-Undang Dasar Negara
Republik Indonesia Tahun 1945 yang mengatur tentang wilayah negara, warga
negara dan penduduk, agama dan kepercayaan, pertahanan dan keamanan sebagai
wujud rasa syukur pada Tuhan Yang Maha Esa
2.2 Bersikap peduli terhadap penerapan ketentuan
Undang-undang Dasar Negara Republik
Indonesia Tahun 1945 yang mengatur tentang wilayah negara, warga negara dan
penduduk, agama dan kepercayaan, pertahanan dan keamanan
3.2 Menelaah ketentuan Undang-undang Dasar Negara
Republik Indonesia tahun 1945 yang mengatur tentang wilayah negara, warga
negara dan penduduk, agama dan kepercayaan, pertahanan dan keamanan
4.2 Menyaji hasil telaah tentang ketentuan
Undang-undang Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang mengatur wilayah
negara, warga negara dan penduduk,
agama dan kepercayaan, serta
pertahanan dan keamanan
|
Ketentuan Undang-undang
Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 yang mengatur tentang wilayah negara, warga
negara dan penduduk, agama dan kepercayaan, pertahanan dan keamanan
a.
Wilayah
Negara Kesatuan Republik Indonesia
b.
Kedudukan
warga negara dan Penduduk Indonesia
c.
Kemerdekaan
beragama dan berkepercayaan terhadap Tuhan YME di Indonesia
d.
Sistem
Pertahanan dan Keamanan Negara Republik Indonesia
|
·
Mengamati gambar
/tayangan vidio/film dengan penuh rasa syukur dan atau melakukan kajian konstitusionalitas (membaca ketentuan Undang-undang Dasar
Negara Republik Indonesia Tahun 1945) yang mengatur tentang wilayah negara, warga negara dan penduduk, agama
dan kepercayaan, pertahanan dan keamanan
·
Mengidentifikasi dan mengajukan pertanyaan
dengan menggunakan high-order-thinking
skills (HOTS)
tentang Ketentuan Undang-undang
Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang
mengatur tentang wilayah negara, warga negara dan penduduk, agama dan
kepercayaan, pertahanan dan keamanan
·
Mengumpulkan informasi
dari berbagai sumber tentang Ketentuan Undang-undang Dasar Negara Republik
Indonesia Tahun 1945 yang mengatur tentang wilayah negara,
warga negara dan penduduk, agama dan kepercayaan, pertahanan dan keamanan
· Menganalisis dan menyimpulkan
serta mempresentasikan hasil diskusi kelompok tentangKetentuan Undang-undang Dasar Negara Republik
Indonesia Tahun 1945 yang mengatur tentang wilayah negara, warga negara dan penduduk, agama
dan kepercayaan, pertahanan dan keamanan
|
|
1.3. Menghargai nilai-nilai terkait fungsi dan
kewenangan lembaga-lembaga Negara menurut Undang-undang Dasar Negara Republik
Indonesia Tahun 1945 sebagai bentuk sikap beriman dan bertaqwa
2.3 Bersikap peduli terhadap lembaga-lembaga di
sekolah sebagai cerminan dari lembaga-lembaga negara
3.3 Menganalisis fungsi dan kewenangan
lembaga-lembaga Negara menurut Undang-undang Dasar Negara Republik
Indonesia Tahun 1945
4.3 Mendemonstrasikan hasil analisis tentang kewenangan lembaga-lembaga Negara menurut
Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
|
Kewenangan lembaga-lembaga Negara.
a.
Suprastruktur
dan Infrastruktur sistem politik Indonesia
b. Lembaga-lembaga Negara Republik
Indonesia menurut Undang-undang
Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
Tata kelola pemerintahan yang baik
c.
Partisipasi
warga negara dalam sistem politik RI
|
· Mengamati
gambar /tayangan vidio/film dengan penuh rasa syukur dan atau membaca dari berbagai sumber (buku,
artikel, media cetak maupun elektronik) tentang kewenangan lembaga-lembaga Negara.
· Mengidentifikasi
dan mengajukan pertanyaan dengan menggunakan high-order-thinking skills (HOTS) tentang kewenangan lembaga-lembaga Negara
· Mengumpulkan
informasi dari berbagai sumber dengan penuh disiplin dantanggung jawab tentang kewenangan lembaga-lembaga Negaramenurut Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia
Tahun 1945
· Menyimpulkan dan
mempresentasikan hasil analisis kerja kelompok tentangkewenangan lembaga-lembaga Negaramenurut Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
|
|
1.4
Menghormati hubungan pemerintah pusat
dan daerah menurut Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa
2.4 Bersikap peduli terhadap hubungan
pemerintah pusat dan daerah yang harmonis di daerah setempat.
3.4 Merumuskan hubungan pemerintahan pusat dan
daerah menurut Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
4.4 Merancang dan melakukan penelitian sederhana
tentang hubungan pemerintahan pusat dan pemerintah setempat menurut
Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
|
Hubungan struktural dan fungsional pemerintahan pusat
dan daerah
a.
Desentralisasi
atau otonomi daerah dalam konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia
b.
Kedudukan
dan Peran Pemerintah Pusat
c.
Kedudukan
dan Peran Pemerintah Daerah
d.
Hubungan
Struktural dan Fungsional Pemerintah Pusat dan Daerah
|
·
Mengamati gambar
/tayangan vidio/film dengan penuh rasa syukur dan atau membaca dari berbagai
sumber (buku, artikel, media cetak maupun elektronik) tentang hubungan struktural dan fungsional
pemerintahan pusat dan daerah
·
Mengidentifikasi dan mengajukan pertanyaan secara pro-aktif dan responsifdengan menggunakan high-order-thinking
skills (HOTS)
tentang hubungan struktural dan
fungsional pemerintahan pusat dan daerah
·
Mengumpulkan data dari
berbagai sumber termasuk media cetak dan elektronik secara pro aktif dan responsif
tentanghubungan struktural dan
fungsional pemerintahan pusat dan daerah
·
Menganalisis, menyimpulkan dan mempresentasikan hasil analisis data dan hasil proyek
Kewarganegaraan secara pro aktif dan responsif tentanghubungan
struktural dan fungsional pemerintahan pusat dan daerah
|
|
1.5. Mensyukuri nilai-nilai yang membentuk
komitmen integrasi nasional dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika sebagai wujud syukur kepada Tuhan yang Maha
Esa.
2.5 Menunjukkan sikap kerjasama dalam rangka
mewujudkan komitmen integrasi nasional dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
3.5 Mengidentifikasi faktor-faktor pembentuk
integrasi nasional dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
4.5 Mendesemontarsikan faktor-faktor pembentuk integrasi
nasionaldalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
|
Faktor-faktor pembentuk
integrasi nasional.
a. Kebhinnekaan Bangsa Indonesia
b. Konsep Integrasi Nasional
c.
Faktor-faktor
Pembentuk Integrasi Nasional
d. Tantangan dalam Menjaga Keutuhan Negara
Kesatuan Republik Indonesia
e.
Peran
serta warga negara dalam menjaga Persatuan dan Kesatuan Bangsa
|
·
Mengamati gambar
tayangan vidio/film dengan penuh rasa syukur dan atau membaca dari berbagai sumber (buku, media
cetak maupun elektronik) tentang Faktor-faktor pembentuk integrasi nasional
·
Mengidentifikasi dan bertanya mendalam/ dialektis secara damai dan toleran dengan
menggunakan high- order-thinking skills
(HOTS) tentang faktor-faktor pembentuk integrasi nasional
·
Mengumpulkan informasi
dengan Memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi, menga-nalisis
dan menyimpul-kan hasil
analisis/diskusi kelompok tentang faktor-faktor pembentuk integrasi nasional
·
Mempresentasikan hasil analisis kerja kelompok melalui debat pro kontra tentangfaktor-faktor pembentuk integrasi nasional
|
|
1.6 Bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas
nilai-nilai yang membentuk kesadaran atas ancaman terhadap negara dan upaya
penyelesaiannya dalam bingkai Bhinneka
Tunggal Ika
2.6 Bersikap responsif dan proaktif atas
ancaman terhadap negara dan upaya penyelesaiannya dibidang Ideologi, politik,
ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan dalam bingkai Bhinneka
Tunggal Ika
3.6 Menganalisis ancaman terhadap negara dan
upaya penyelesaiannya di bidang ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya,
pertahanan, dan keamanan dalam bingkai
Bhinneka Tunggal Ika
4.6 Menyaji hasil analisis tentang ancaman terhadap negara dan upaya
penyelesaiannya di bidang ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya,
pertahanan, dan keamanandalam bingkai
Bhinneka Tunggal Ika
|
Indikator
ancaman terhadap negara dan upaya penyelesaiannya di bidang Ideologi,
politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan.
a. Ancaman terhadap integritas nasional
b. Ancaman di bidang Ideologi, politik,
ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan
c. Peran masyarakat untuk mengatasi berbagai ancaman dalam
rangka membangun integritas nasional
|
·
Mengamati gambar
/tayangan vidio/film dengan penuh rasa syukur dan atau membaca dari berbagai
sumber (buku, artikel, media cetak maupun elektronik) tentang indikator
ancaman terhadap negara dan upaya penyelesaiannya di bidang ideologi,
politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan
·
Mengidentifikasi dan mengajukan pertanyaan dengan menggunakan high-order-thinking
skills (HOTS)
tentang indikator ancaman terhadap negara dan upaya penyelesaiannya di bidang
ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan
·
Mengumpulkan informasi
dengan memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dan menganalisissecara bekerjasama dan bergotong tentang indikator ancaman terhadap negara dan upaya penyelesaiannya di bidang
ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan
· Mempresentasikan hasil analisis kerja kelompok dan proyek kewarganegaraan secara bekerjasama dan bergotong royong tentangindikator
ancaman terhadap negara dan upaya penyelesaiannya di bidang ideologi,
politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan
|
|
1.7. Menghargai wawasan nusantara dalam konteks Negara
Kesatuan Republik Indonesia sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa
2.7 Bertanggungjawab mengembangkan kesadaran
akan pentingnya wawasan nusantara dalam konteks Negara Kesatuan Republik
Indonesia
3.7 Menginterpretasi pentingnya Wawasan
Nusantara dalam konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia.
4.7 Mempresentasikan hasil interpretasi terkait pentingnya
Wawasan Nusantara dalam konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia
|
Arti pentingnya Wawasan
Nusantara
a.
Konsep
Wawasan Nusantara
b.
Fungsi
dan Tujuan Wawasan Nusantara
c.
Aspek
Trigatra dan Pancagatra dalam Wawasan Nusantara
d.
Peran
serta warga negara dalam mendukung implementasi wawasan nusantara
|
·
Mengamati gambar
/tayangan vidio/film dengan penuh rasa syukur dan atau membaca dari berbagai sumber (buku,
artikel, dan media cetak maupun elektronik tentang arti pentingnya Wawasan Nusantara
·
Mengidintifikasi dan
mengajukan pertanyaan dengan
menggunakanhigh-order-thinking
skills (HOTS)
tentang arti pentingnya Wawasan
Nusantara
·
Mengumpulkan informasi,
dan menganalisis tentang arti pentingnya Wawasan
Nusantara
· Menyimpulkan dan mengambil keputusan bersama hasil analisis tentang arti pentingnya Wawasan
Nusantara
|
No comments:
Post a Comment