Sunday, January 16, 2022

RPP Bahasa Indonesia, IPS, dan IPA Kelas IV /1 (satu)

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

Sekolah                       : 

Kelas /Semester          :  IV /1(satu)

Tema                          :  1. Indahnya Kebersamaan

Subtema                      :  1. Keberagaman Budaya Bangsaku

Pembelajaran ke-       :  1

Fokus Pembelajaran  :  Bahasa Indonesia, IPS, dan IPA

Alokasi Waktu           :  6 x 35 menit (6 JP)

 

A.  KOMPETENSI INTI (KI)

1.    Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.

2.    Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangga.

3.    Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.

4.    Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

 

B.   KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI

Bahasa Indonesia

Kompetensi Dasar

Indikator Pencapaian Kompetensi

3.1 Mencermati gagasan pokok dan gagasan pendukung yang diperoleh dari teks lisan, tulis, atau visual.

3.1.1 Mengidentifikasi gagasan pokok dan gagasan pendukung setiap paragraf dari teks tulis.

4.1 Menata informasi yang didapat dari teks berdasarkan keterhubungan antargagasan ke dalam kerangka tulisan.

4.1.1 Menyajikan gagasan pokok dan gagasan pendukung setiap paragraf dari teks tulis dalam bentuk peta pikiran.

 

IPS

Kompetensi Dasar

Indikator Pencapaian Kompetensi

3.2 Mengidentifikasi keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis, dan agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia; serta hubungannya dengan karakteristik ruang.

3.2.1 Mengidentifikasi keragaman budaya, etnis, dan agama dari teman-teman di kelas sebagai identitas bangsa Indonesia.

4.2 Menyajikan hasil identifikasi mengenai keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis, dan agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia; serta hubungannya dengan karakteristik ruang.

4.2.1 Mengomunikasikan secara lisan dan tulisan keragaman budaya, etnis, dan agama dari teman-teman di kelas sebagai identitas bangsa Indonesia.

 

IPA

Kompetensi Dasar

Indikator Pencapaian Kompetensi

3.6 Menerapkan sifat-sifat bunyi dan keterkaitannya dengan indra pendengaran.

3.6.1 Menjelaskan cara menghasilkan bunyi dari benda di sekitar dengan lengkap.

4.6 Menyajikan laporan hasil percobaan tentang sifat-sifat bunyi.

4.6.1 Menyajikan laporan pengamatan tentang cara menghasilkan bunyi dari beragam benda di sekitar dengan sistematis.

 

C.  TUJUAN PEMBELAJARAN

1.    Setelah membaca teks tentang keragaman budaya, siswa mampu mengidentifikasi gagasan pokok dan gagasan pendukung di setiap paragraf dari teks tersebut dengan mandiri.

2.    Setelah membaca teks tentang keragaman budaya, siswa mampu menyajikan gagasan pokok dan gagasan pendukung di setiap paragraf dari teks tersebut dalam bentuk peta pikiran dengan tepat.

3.    Setelah wawancara sederhana, siswa mampu menyebutkan keragaman budaya, etnis, dan agama dari teman-teman di kelas sebagai identitas bangsa Indonesia dengan lengkap.

4.    Setelah diskusi, siswa mampu mengomunikasikan keragaman budaya, etnis, dan agama teman di kelas sebagai identitas bangsa Indonesia secara lisan dan tulisan dengan sistematis.

5.    Setelah eksplorasi, siswa mampu menjelaskan cara menghasilkan bunyi dari beragam benda di sekitar dengan lengkap.

6.    Setelah eksplorasi dan diskusi, siswa mampu menyajikan laporan hasil pengamatan tentang cara menghasilkan bunyi dari beragam benda di sekitar dengan sistematis.

 

D.  MATERI PEMBELAJARAN

1.    Gagasan pokok dan gagasan pendukung paragraf.

2.    Keragaman sosial dan budaya di Indonesia.

3.    Sikap menghargai keragaman.

4.    Cara menghasilkan bunyi dari alat musik tradisional dan benda-benda sekitar.

5.    Sumber bunyi.

6.    Faktor yang mempengaruhi perbedaan bunyi (amplitudo, frekuensi, resonansi).

7.    Sifat-sifat perambatan bunyi.

 

E.   METODE PEMBELAJARAN

Pendekatan Pembelajaran   :            Saintifik.

Metode Pembelajaran         : Simulasi, percobaan, diskusi, tanya jawab, penugasan, dan ceramah.

 

 

F.   MEDIA/ALAT, BAHAN, DAN SUMBER BELAJAR

Media/Alat           : 1. Teks bacaan.

2. Alat musik tradisional daerah masing-masing.

3. Beragam benda di kelas dan lingkungan sekitar.

Bahan                  : -

Sumber Belajar    : 1. Buku Guru dan Buku Siswa Kelas IV, Tema 1: Indahnya Kebersamaan, Subtema 1: Keberagaman Budaya Bangsaku, Pembelajaran 1. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (Revisi 2017). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

                           

G.  LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi

Alokasi Waktu

Pendahuluan

1.          Kelas dibuka dengan salam, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.

2.          Kelas dilanjutkan dengan doa dipimpin oleh salah seorang siswa.

3.          Siswa difasilitasi untuk bertanya jawab pentingnya mengawali setiap kegiatan dengan doa. Selain berdoa, guru dapat memberikan penguatan tentang sikap syukur.

4.          Siswa diajak menyanyikan Lagu Indonesia Raya. Guru memberikan penguatan tentang pentingnya menanamkan semangat kebangsaan.

5.          Siswa diminta memeriksa kerapian diri dan kebersihan kelas.

6.          Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang tujuan, manfaat, dan aktivitas pembelajaran yang akan dilakukan.

7.          Siswa menyimak penjelasan guru tentang pentingnya sikap disiplin yang akan dikembangkan dalam pembelajaran.

8.          Pembiasaan membaca. Siswa dan guru mendiskusikan perkembangan kegiatan literasi yang telah dilakukan.

9.          Siswa diajak menyanyikan lagu daerah setempat untuk menyegarkan suasana kembali.

15 menit

Kegiatan inti

1.         Sebelum memulai pembelajaran, guru menempelkan gambar seorang anak Bali yang memakai baju tradisional. Di belakang anak ada rumah tradisional Bali. Kegiatan ini dapat digunakan untuk mengembangkan literasi.

2.         Siswa diajak untuk mendiskusikan pakaian adat, rumah tradisional, dan makanannya.

3.         Siswa menyimak penjelasan guru, bahwa hari ini mereka akan belajar banyak tentang budaya Indonesia.

4.         Siswa diajak berdiskusi tentang Keragaman Budaya Indonesia. Guru mengajukan pertanyaan pembuka tentang asal suku siswa (Sunda, Jawa, Minang, dan seterusnya).

5.         Siswa secara berpasangan diminta untuk saling menginformasikan tentang asal suku mereka kepada teman di sebelahnya. Jika mayoritas siswa berasal dari suku yang sama, siswa diminta menceritakan suku lainnya yang mereka ketahui.

6.         Hasil diskusi siswa dibahas secara klasikal dan disimpulkan bersama.

7.         Siswa dibagi menjadi menjadi beberapa kelompok kecil yang terdiri dari 3-4 siswa dalam setiap kelompok. Setiap kelompok diminta membaca teks ‘Pawai Budaya’ pada Buku Siswa (BS) T1 ST1 P1 halaman 1-2. Siswa diminta menandai paragraf 1-5.

8.         Siswa difasilitasi untuk mendiskusikan sikap yang harus ditunjukkan dalam bekerja kelompok.

9.         Siswa dalam kelompok diminta berdiskusi untuk menjawab pertanyaan tentang isi paragraf satu.

10.     Setiap kelompok diminta untuk membacakan hasil diskusi tentang isi paragraf satu di depan kelompok yang lain. Siswa dari kelompok lain diminta untuk memberikan masukan. Setiap siswa diminta mencatat masukan dan komentar sebagai bahan untuk perbaikan dari hasil diskusi mereka.

11.     Siswa masih dalam kelompok diminta untuk menemukan gagasan pokok dan gagasan pendukung paragraf kedua.

12.     Siswa menyimak penjelasan guru mengenai gagasan pokok dan gagasan pendukung paragraf.

13.     Siswa secara mandiri diminta untuk menemukan gagasan pokok dan gagasan pendukung dari paragraf ketiga, keempat, dan kelima dari teks ‘Pawai Budaya’ pada BS dan menuliskannya dalam peta pikiran yang tersedia pada BS halaman 4-6. Sebelum mengisi peta pikiran, siswa mendapatkan penjelasan cara mengisinya dari guru. Kegiatan ini untuk menumbuhkan karakter.

14.     Selama siswa mengerjakan peta pikiran, guru berkeliling memberikan penguatan dan memeriksa pekerjaan siswa dengan rubrik.

15.     Siswa kembali diingatkan pada kegiatan di awal pembelajaran tentang keragaman suku dari teman-teman di kelas. Siswa diajak melihat animasi keragaman suku dan budaya Indonesia dari Rumah Juara untuk menarik minat siswa.

Media Pembelajaran

Animasi Peta Budaya 34 Provinsi di Indonesia

 

 

 

16.     Setiap siswa diminta untuk mencari informasi dengan cara mewawancarai paling sedikit delapan teman di kelas. Informasi yang harus dicari adalah tentang daerah asal dan ciri khas dari daerah tersebut. Siswa menuliskan informasi pada tabel yang tersedia pada BS halaman 8.

17.     Selama siswa melakukan wawancara, guru dapat melakukan pendampingan sekaligus memastikan siswa bersikap sopan, berbahasa santun, dan saling menghargai saat wawancara berlangsung.

18.     Usai kegiatan wawancara, siswa kembali ke tempat duduk masing-masing untuk mendapatkan pengarahan pada tugas berikutnya. Guru mengajukan pertanyaan terbuka:

·      Bagaimana sikap kalian kepada teman yang berasal dari suku yang berbeda dan memiliki agama/kepercayaan yang berbeda?

·      Ceritakan satu pengalaman yang berkesan bersama teman yang berasal dari suku berbeda dan memiliki agama/kepercayaan yang berbeda!

19.     Beberapa siswa diberikan kesempatan untuk menjawab pertanyaan dari guru.

20.     Siswa kemudian secara berpasangan dapat saling menceritakan pengalaman masing-masing bersama teman yang berasal dari suku berbeda dan memiliki agama/ kepercayaan yang berbeda.

21.     Siswa menyimak saat guru memberikan penguatan tentang pentingnya sikap mensyukuri keragamaan budaya, suku,dan agama dengan saling menghargai dalam keragaman serta menjadikan keragaman tersebut sebagai identitas bangsa Indonesia.

22.     Siswa menjawab pertanyaan dan mengisi tabel tentang sikap saling menghargai yang terdapat pada BS halaman 8-9 secara mandiri.

23.     Siswa akan saling berbagi jawaban tentang pengalaman melaksanakan sikap saling menghargai dan contoh sikap tidak menghargai secara berpasangan bersama teman di sebelahnya.

24.     Siswa dapat mendiskusikan pengalaman yang menurut mereka menarik.

25.     Siswa mendengarkan saat guru menampilkan satu alat musik tradisional dari daerah asal sekolah.

26.     Siswa diajak berdiskusi tentang cara alat musik tersebut dibunyikan. (dipukul, ditiup, digoyang, dipetik, digesek, dan sebagainya.)

27.     Siswa membaca teks tentang beragam alat musik tradisional yang ada pada BS halaman 10, kemudian mengisi tabel yang tersedia pada BS halaman 11 secara mandiri.

28.     Siswa diajak membunyikan benda-benda yang terdapat di kelas dan sekitarnya. Siswa diingatkan untuk memilih benda-benda yang dapat menghasilkan bunyi dengan cara yang berbeda.

29.     Siswa diminta mengisi tabel dan pertanyaan yang tersedia pada BS halaman 12 berdasarkan hasil eksplorasi.

30.     Siswa menyimak saat guru memberikan penguatan tentang bunyi berasal dari benda yang bergetar, sumber bunyi, dan sifat-sifat perambatan bunyi.

31.     Siswa dibagi dalam kelompok besar yang terdiri dari 8-10 siswa. Siswa dapat menentukan kelompok secara mandiri berdasarkan jenis alat musik yang disukai.

32.     Setiap kelompok diminta untuk menciptakan satu kombinasi bunyi dari beragam benda.

33.     Setiap kelompok dapat menampilkan hasil karya ansambel bunyi mereka secara bergantian.

34.     Siswa kemudian menjawab pertanyaan yang terdapat pada BS halaman 14-15 berdasarkan hasil kerja sama mereka dalam menciptakan ansambel bunyi yang enak didengar.

35.     Siswa menyimpulkan kegiatan belajar bersama guru bahwa menghargai perbedaan dapat memperkuat persatuan dan kesatuan. salat satu cara menghargai perbedaan yaitu dengan hidup rukun.

180 menit

Penutup

1.          Siswa bersama guru melakukan refleksi atas pembelajaran yang telah berlangsung:

·      Apa saja yang telah dipelajari dari kegiatan hari ini?

·      Apa yang akan dilakukan untuk menghargai perbedaan di sekitar?

2.          Siswa bersama guru menyimpulkan hasil pembelajaran pada hari ini.

3.         Siswa menyimak penjelasan guru tentang aktivitas pembelajaran pada pertemuan selanjutnya. Termasuk menyampaikan kegiatan bersama orang tua yaitu: meminta orang tua untuk menceritakan pengalamannya menghargai perbedaan di lingkungan sekitar rumah lalu menceritakan hasilnya kepada guru.

4.         Siswa menyimak cerita motivasi tentang pentingnya sikap disiplin.

5.         Siswa melakukan operasi semut untuk menjaga kebersihan  kelas.

6.         Kelas ditutup dengan doa bersama dipimpin salah seorang siswa.

15 menit

 

H.  PENILAIAN

1.    Teknik Penilaian

a.    Penilaian Sikap

Mencatat hal-hal menonjol (positif atau negatif) yang ditunjukkan siswa dalam sikap disiplin.

 

 

 

b.    Penilaian Pengetahuan

Muatan

Indikator

Teknik Penilaian

Bentuk Instumen

Bahasa Indonesia

3.1.1 Mengidentifikasi gagasan pokok dan gagasan pendukung setiap paragraf dari teks tulis.

Tes tertulis

Soal pilihan ganda

Soal isian

Soal uraian

IPS

3.2.1 Mengidentifikasi keragaman budaya, etnis, dan agama dari teman-teman di kelas sebagai identitas bangsa Indonesia.

Tes tertulis

Soal pilihan ganda

Soal isian

Soal uraian

IPA

3.6.1 Menjelaskan cara menghasilkan bunyi.

Tes tertulis

Soal pilihan ganda

Soal isian

Soal uraian

c.    Unjuk Kerja

Muatan

Indikator

Teknik Penilaian

Bentuk Instumen

Bahasa Indonesia

4.1.1 Menyajikan gagasan pokok dan gagasan pendukung setiap paragraf dari teks tulis dalam bentuk peta pikiran.

Diskusi dan unjuk hasil

Rubrik penilaian pada BG halaman 13-14.

IPS

4.2.1 Mengomunikasikan secara lisan dan tulisan keragaman budaya, etnis, dan agama dari teman-teman di kelas sebagai identitas bangsa Indonesia.

Unjuk hasil

Rubrik penilaian pada BG halaman 15.

IPA

4.6.1 Menyajikan laporan pengamatan tentang cara menghasilkan bunyi.

Unjuk kerja dan hasil

Rubrik penilaian pada BG halaman 16-17.

 

d.    Remedial

Siswa yang belum terampil dalam menemukan gagasan pokok dan gagasan pendukung dapat diberikan contoh-contoh tambahan teks sebagai latihan tambahan. Siswa dapat dibantu oleh siswa lain yang telah sangat terampil dalam menemukan gagasan pokok dan gagasan pendukung.

 

e.    Pengayaan

Apabila memiliki waktu, siswa dapat memainkan ansambel bunyi mereka kepada kelas lain.

 

2.    Bentuk Instrumen Penilaian

a.    Jurnal Penilaian Sikap

No.

Tanggal

Nama Siswa

Catatan Perilaku

Butir Sikap

Tindak Lanjut

1.

 

 

 

 

 

2.

 

 

 

 

 

3.

 

 

 

 

 

4.

 

 

 

 

 

5.

 

 

 

 

 

 

b.    Rubrik Penilaian Diskusi

Saat siswa melakukan diskusi, guru menilai menggunakan rubrik.

Kriteria

Baik Sekali

(4)

Baik

(3)

Cukup

(2)

Perlu Pendampingan

(1)

Mendengarkan

Selalu mendengarkan teman yang sedang berbicara.

Mendengarkan teman yang berbicara, namun sesekali masih perlu diingatkan.

Masih perlu diingatkan untuk mendengarkan teman yang sedang berbicara.

Sering diingatkan untuk mendengar-kan teman yang sedang berbicara namun tidak mengindahkan.

Komunikasi nonverbal (kontak mata, bahasa tubuh, postur, ekspresi wajah, suara)

Merespon dan

menerapkan

komunikasi nonverbal dengan tepat.

Merespon dengan tepat terhadap komunikasi nonverbal yang ditunjukkan teman.

Sering merespon kurang tepat terhadap komunikasi nonverbal yang ditunjukkan teman.

Membutuhkan bantuan dalam memahami bentuk komunikasi nonverbal yang ditunjukkan teman.

Partisipasi (menyampaikan ide, perasaan, pikiran)

Isi pembicaraan

menginspirasi

teman. Selalu mendukung dan memimpin teman lainnya saat diskusi.

Berbicara dan menerangkan

secara rinci,

merespon sesuai

dengan topik.

Berbicara dan

menerangkan

secara rinci, namun terkadang merespon kurang sesuai dengan topik.

Jarang berbicara

Selama proses diskusi berlangsung.

Penilaian (penskoran):

 

c.    Rubrik Penilaian Bahasa Indonesia

Tugas siswa menemukan gagasan pokok dan gagasan pendukung dari setiap paragraf dinilai menggunakan rubrik.

Kriteria

Baik Sekali

(4)

Baik

(3)

Cukup

(2)

Perlu Pendampingan

(1)

Gagasan pokok

Menemukan gagasan pokok pada semua paragraf dengan benar.

Menemukan sebagian besar gagasan pokok pada semua paragraf dengan benar.

Menemukan sebagian kecil gagasan pokok pada semua paragraf dengan benar.

Belum dapat menemukan gagasan pokok.

Gagasan pendukung

Menemukan gagasan pendukung pada semua paragraf dengan benar.

Menemukan sebagian besar gagasan pendukung pada semua paragraf dengan benar.

Menemukan sebagian kecil gagasan pendukung pada semua paragraf dengan benar.

Belum dapat menemukan gagasan pendukung.

Penyajian gagasan pokok dan gagasan pendukung  dalam peta pikiran

Menyajikan gagasan pokok dan gagasan pendukung dalam peta pikiran dengan tepat.

Menyajikan sebagian besar gagasan pokok dan gagasan pendukung dalam peta pikiran dengan tepat.

Menyajikan sebagian kecil gagasan pokok dan gagasan pendukung dalam peta pikiran dengan tepat.

Belum dapat menyajikan gagasan pokok dan gagasan pendukung dalam peta pikiran.

Sikap: Mandiri

Tugas diselesai-kan dengan mandiri.

Sebagian besar tugas diselesai-kan dengan mandiri.

Tugas diselesai-kan dengan motivasi dan bimbingan guru.

Belum dapat menyelesaikan tugas meski telah diberikan motivasi dan bimbingan.

Penilaian (penskoran):

 

d.    Rubrik Penilaian IPS

Tugas siswa menemukan dan menuliskan informasi tentang keragaman budaya, serta mengomunikasikannya dinilai menggunakan rubrik.

Kriteria

Baik Sekali

(4)

Baik

(3)

Cukup

(2)

Perlu Pendampingan

(1)

Informasi tentang keragaman budaya, etnis, dan agama

Menuliskan informasi tentang keragaman budaya, etnis, dan agama teman-teman di kelas berdasar-kan hasil wawancara dengan lengkap

Menuliskan sebagian besar informasi tentang keragaman budaya, etnis, dan agama teman-teman di kelas berdasarkan hasil wawancara cukup lengkap.

Menuliskan sebagian kecil informasi tentang keragaman budaya, etnis, dan agama teman-teman di kelas berdasarkan hasil wawancara kurang lengkap.

Belum dapat menuliskan informasi tentang keragaman budaya, etnis, dan agama teman-teman di kelas berdasarkan hasil wawancara.

Komunikasi lisan tentang keragaman budaya, etnis, dan agama

Mengomunikasikan secara lisan tentang keragaman budaya, etnis, dan agama teman-teman berdasarkan hasil wawancara dengan sistematis.

Mengomunikasikan secara lisan sebagian besar keragaman budaya, etnis, dan agama teman-teman berdasarkan hasil wawancara cukup sistematis.

Mengomunikasi-kan secara lisan sebagian kecil keragaman budaya, etnis, dan agama teman-teman berdasarkan hasil wawancara kurang sistematis.

Belum dapat mengomunikasikansecara lisan tentang keragaman budaya, etnis, dan agama teman-teman di kelas berdasarkan hasil wawancara.

Sikap kerja sama

Menunjukkan sikap kerja sama dengan semua teman secara konsisten.

Menunjukkan sikap kerja sama dengan semua teman namun belum konsisten.

Menunjukkan sikap kerja sama hanya dengan beberapa teman.

Perlu dimotivasi untuk dapat bekerja sama.

Santun dan saling menghargai

Menunjukkan sikap santun dan saling menghargai dengan semua teman secara konsisten.

Menunjukkan sikap santun dan saling menghargai dengan semua teman namun belum konsisten.

Menunjukkan sikap santun dan saling menghargai hanya dengan beberapa teman.

Perlu dimotivasi untuk bersikap santun dan saling menghargai dengan semua teman.

Penilaian (penskoran):

 

e.    Rubrik Penilaian IPA

1)   Tugas siswa menjelaskan dan menyajikan laporan pengamatan tentang cara menghasilkan bunyi dinilai menggunakan rubrik.

Kriteria

Baik Sekali

(4)

Baik

(3)

Cukup

(2)

Perlu Pendampingan

(1)

Cara menghasilkan bunyi

Menjelaskan cara menghasilkan bunyi dari semua benda berdasarkan hasil eksplorasi dengan lengkap.

Menjelaskan cara menghasilkan bunyi dari sebagian besar benda berdasarkan hasil eksplorasi cukup lengkap.

Menjelaskan cara menghasilkan bunyi dari sebagian kecil benda berdasarkan hasil eksplorasi kurang lengkap.

Belum dapat menemukan menjelaskan cara menghasilkan bunyi dari benda berdasarkan hasil eksplorasi.

Laporan pengamatan tentang cara menghasilkan bunyi

Menyajikan laporan pengamatan tentang cara menghasilkan bunyi dari semua benda berdasarkan hasil eksplorasi dengan sistematis.

Menyajikan laporan pengamatan tentang cara menghasilkan bunyi dari sebagian besar benda berdasarkan hasil eksplorasi cukup sistematis.

Menyajikan laporan pengamatan tentang cara menghasilkan bunyi dari sebagian kecil benda berdasarkan hasil eksplorasi cukup sistematis.

Belum dapat menyajikan laporan pengamatan tentang cara menghasilkan bunyi dari benda berdasarkan hasil eksplorasi.

Sikap rasa ingin tahu

Tampak antusias dan mengajukan banyak ide dan pertanyaan selama kegiatan.

Tampak cukup antusias dan terkadang mengajukan ide dan pertanyaan selama kegiatan.

Tampak kurang antusias dan tidak mengajukan ide dan pertanyaan selama kegiatan.

Tidak tampak antusias dan perlu dimotivasi untuk mengajukan ide dan pertanyaan.

 


Penilaian (penskoran):

 

2)   Percobaan IPA dinilai menggunakan rubrik.

Kriteria

Baik Sekali

(4)

Baik

(3)

Cukup

(2)

Perlu Pendampingan

(1)

Penerapan konsep

Memperlihatkan pemahaman konsep dengan menunjukkan bukti pendukung dan menyampai-kan pemahaman inti dari konsep yang sedang dipelajari dengan benar.

Memperlihatkan pemahaman konsep dengan menunjukkan bukti pendukung namun perlu bantuan saat menyampaikan pemahaman inti dari konsep yang sedang dipelajari.

Memperlihatkan pemahaman konsep dengan menunjukkan bukti yang terbatas dan penyampaian pemahaman inti dari konsep tidak jelas.

Perlu bimbingan saat menyampaikan bukti dan pemahaman inti dari konsep yang sedang dipelajari.

Komunikasi

Hasil percobaan disampaikan dengan jelas, obyektif dengan didukung data penunjang.

Hasil percobaan disampaikan dengan jelas dan didukung sebagian data penunjang.

Hasil percobaan disampaikan dengan jelas namun hanya didukung sebagian kecil data penunjang.

Hasil percobaan disampaikan dengan kurang jelas dan tanpa data penunjang.

Prosedur dan strategi

Seluruh data dicatat, langkah kegiatan dilaku-kan secara sistematis dan strategi yang digunakan membuat percobaan berhasil.

Seluruh data dicatat, langkah kegiatan dilaku-kan secara sistematis namun masih membutuh-kan bimbingan dalam menemu-kan strategi agar percobaan berhasil.

Sebagian besar data dicatat, langkah kegiatan dan strategi dilakukan secara sistematis setelah mendapat bantuan guru.

Sebagian kecil data dicatat, langkah kegiatan tidak sistematis dan strategi yang dipilih tidak tepat.

Penilaian (penskoran):

 

 

Refleksi Guru:

 

 

Mengetahui,

Kepala SDN 01 Kibang Tri Jaya

 

 

 

 

MURSALIN, S.Pd.

NIP. 19620715 198207 1 001

 

Kibang Tri Jaya, ...................201...

Guru Kelas IV

 

 

 

 

DIDIN NURDIANSYAH, S.Pd.

NIP. 19850607 201407 1 001


 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

Sekolah                       :  SDN 01 KIBANG TRI JAYA

Kelas /Semester          :  IV /1(satu)

Tema                          :  1. Indahnya Kebersamaan

Subtema                      :  1. Keberagaman Budaya Bangsaku

Pembelajaran ke-       :  2

Fokus Pembelajaran  :  SBdP dan PPKn

Alokasi Waktu           :  4 x 35 menit (4 JP)

 

A.  KOMPETENSI INTI (KI)

1.    Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.

2.    Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangga.

3.    Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.

4.    Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

 

B.   KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI

SBdP

Kompetensi Dasar

Indikator Pencapaian Kompetensi

3.3 Memahami dasar-dasar gerak tari daerah.

3.3.1 Mengidentifikasi dasar-dasar gerakan tari Bungong Jeumpa.

4.3 Meragakan dasar-dasar gerak tari daerah.

4.3.1 Mempraktikkan gerak dasar tari Bungong Jeumpa dengan hitungan dari guru.

 

PPKn

Kompetensi Dasar

Indikator Pencapaian Kompetensi

3.4 Mengidentifikasi berbagai bentuk keberagaman suku, bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan.

3.4.1 Menjelaskan makna persatuan dan kesatuan dalam keberagaman.

4.4 Menyajikan berbagai bentuk keberagaman suku, bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan.

4.4.1 Mempresentasikan keberagaman suku bangsa, sosial dan budaya di Indonesia.

 

 

C.  TUJUAN PEMBELAJARAN

1.    Setelah mengamati, siswa mampu mengidentifikasi dasar-dasar gerakan tari Bungong Jeumpa dengan posisi tubuh berdiri dengan benar.

2.    Setelah melihat contoh, siswa membuat mempraktikkan dasar-dasar gerakan tari Bungong Jeumpa (posisi tubuh berdiri) diiringi hitungan dari guru dengan benar.

3.    Setelah mencari informasi, siswa mampu mempresentasi keberagaman Indonesia.

4.    Setelah berdiskusi, siswa mampu menemukan menjelaskan makna pesatuan dan kesatuan dalam keberagaman.

 

D.  MATERI PEMBELAJARAN

1.    Macam dan ragam gerak dalam seni tari.

2.    Gerakan tari Bungong Jeumpa dalam posisi berdiri.

3.    Bentuk keberagaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan.

4.    Sikap toleransi dan kerja sama antarteman yang berbeda suku, agama, dan budaya.

5.    Bentuk-bentuk keberagaman.

6.    Bentuk kerja sama dalam keberagaman sosial dan budaya.

7.    Makna persatuan dan kesatuan dalam keberagaman.

 

E.   METODE PEMBELAJARAN

Pendekatan Pembelajaran   :            Saintifik.

Metode Pembelajaran         : Simulasi, demonstrasi, diskusi, tanya jawab, penugasan, dan ceramah.

 

F.   MEDIA/ALAT, BAHAN, DAN SUMBER BELAJAR

Media/Alat           : 1. Teks bacaan.

2. Video tari Bungong Jeumpa.

Bahan                  : -

Sumber Belajar    : 1. Buku Guru dan Buku Siswa Kelas IV, Tema 1: Indahnya Kebersamaan, Subtema 1: Keberagaman Budaya Bangsaku, Pembelajaran 2. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (Revisi 2017). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

                    

G.  LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi

Alokasi Waktu

Pendahuluan

1.          Kelas dibuka dengan salam, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.

2.          Kelas dilanjutkan dengan doa dipimpin oleh salah seorang siswa.

3.          Siswa difasilitasi untuk bertanya jawab pentingnya mengawali setiap kegiatan dengan doa. Selain berdoa, guru dapat memberikan penguatan tentang sikap syukur.

4.          Siswa diajak menyanyikan Lagu Indonesia Raya. Guru memberikan penguatan tentang pentingnya menanamkan semangat kebangsaan.

5.          Siswa diminta memeriksa kerapian diri dan kebersihan kelas.

6.          Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang tujuan, manfaat, dan aktivitas pembelajaran yang akan dilakukan.

7.          Siswa menyimak penjelasan guru tentang pentingnya sikap santun dan peduli yang akan dikembangkan dalam pembelajaran.

8.          Pembiasaan membaca. Siswa dan guru mendiskusikan perkembangan kegiatan literasi yang telah dilakukan.

9.          Siswa diajak menyanyikan lagu daerah Bungong Jeumpa untuk menyegarkan suasana kembali.

15 menit

Kegiatan inti

1.          Siswa akan belajar tari daerah. Tari yang dipelajari adalah Bungong Jeumpa. Guru menyiapkan video tarian dan atau musik. Jika memungkinkan guru bisa menari di depan siswa sebagai contoh.

2.          Siswa diminta mengamati video atau tarian langsung. Siswa mendiskusikan dasar-dasar gerakan tarian. Siswa juga bisa mengamati dasar-dasar gerakan yang ada pada Buku Siswa (BS) T1 ST1 P2 halaman 26-27.

3.          Siswa memperhatikan saat guru mempraktikkan satu per satu dasar-dasar gerakan tarian. Guru menjelaskan posisi tubuh setiap dasar gerakan.

4.          Siswa mempraktikkan bersama-sama setiap dasar-dasar gerakan. Guru memberi aba-aba dengan hitungan sampai 8. Guru mengamati siswa dan membetulkan jika ada gerakan yang kurang tepat.

5.          Siswa dibagi menjadi kelompok-kelompok yang terdiri dari delapan siswa.

6.          Dalam kelompoknya, siswa mempraktikkan dasar-dasar gerakan A sampai D dengan aba-aba dari guru.

7.          Siswa mempraktikkan setiap dasar-dasar gerakan di depan kelompoknya. Siswa lain menilai dan memberikan komentar.

8.          Siswa duduk secara berkelompok kemudian membaca dan mengamati gambar yang ada pada BS halaman 28.

9.          Secara berkelompok, siswa mengidentifikasi keberagaman yang ada. Hal-hal yang diidentifikasi ada pada tabel yang disiapkan pada BS halaman 29.

10.      Siswa bisa mencari informasi dari berbagai sumber untuk melengkapi informasinya.

11.      Setiap kelompok akan menukar hasil pekerjaannya dengan kelompok lain.

12.      Selama siswa berdiskusi, guru berkeliling untuk menambahkan dan menguatkan jika ada hal-hal yang belum jelas. Guru menguatkan bahwa masyarakat Indonesia sangat beragam suku bangsa, budaya, dan sosial.

13.      Siswa secara individu diminta membaca teks ‘Sigap Membantu Sesama’ yang terdapat pada BS T1 ST1 P2 halaman 29.

14.      Bersama dengan kelompoknya, siswa menjawab pertanyaan yang terdapat pada BS halaman 30-32. Siswa menulis jawabannya di kertas plano atau kalender bekas.

15.      Siswa diminta menempel jawabannya pada dinding kelas.

16.      Satu siswa dalam kelompok diminta berdiri di depan pekerjaannya untuk mempresentasikan kepada siswa lain yang berkunjung. Sementara itu, siswa yang lain akan berkunjung ke kelompok lain dengan aba-aba tepuk tangan. Guru memastikan bahwa semua siswa tenang dan diskusi berjalan baik. Siswa yang mengunjungi hasil pekerjaan siswa lain bisa memberikan pertanyaan ataupun saran.

17.      Ketika diskusi sudah selesai, setiap siswa akan duduk di tempat masing-masing untuk mendiskusikan kembali hasil pekerjaannya.

18.      Siswa bersama guru mendiskusikan jawaban dari setiap pertanyaan satu per satu.

19.      Siswa diberi kesempatan untuk bertanya dan memberikan pendapat. Guru memotivasi siswa untuk menguatkan nilai-nilai persatuan dan kesatuan dalam kehidupan sehari-hari.

20.      Siswa menjawab secara bergantian pertanyaan guru tentang contoh-contoh sikap persatuan dan kesatuan dalam kehidupan sehari-hari.

110 menit

Penutup

1.          Siswa bersama guru melakukan refleksi atas pembelajaran yang telah berlangsung:

·      Apa saja yang telah dipelajari dari kegiatan hari ini?

·      Bagaimana warga di lingkungan sekitar mengutamakan persatuan dan kesatuan?

2.          Siswa bersama guru menyimpulkan hasil pembelajaran pada hari ini.

3.         Siswa menyimak penjelasan guru tentang aktivitas pembelajaran pada pertemuan selanjutnya. Termasuk menyampaikan kegiatan bersama orang tua yaitu: siswa bersama orang tua mendiskusikan nilai persatuan dan kesatuan dalam keberagaman dan nilai-nilai yang terdapat dalam keluarga masing-masing lalu menceritakan hasilnya kepada guru.

4.         Siswa menyimak cerita motivasi tentang pentingnya sikap santun dan peduli.

5.         Siswa melakukan operasi semut untuk menjaga kebersihan  kelas.

6.         Kelas ditutup dengan doa bersama dipimpin salah seorang siswa.

15 menit

 

H.  PENILAIAN

1.    Teknik Penilaian

a.    Penilaian Sikap

Mencatat hal-hal menonjol (positif atau negatif) yang ditunjukkan siswa dalam sikap santun dan peduli.

 


 

b.    Penilaian Pengetahuan

Muatan

Indikator

Teknik Penilaian

Bentuk Instumen

SBdP

3.3.1 Mengidentifikasi dasar-dasar gerakan tari Bungong Jeumpa.

Tes tertulis

Soal pilihan ganda

Soal isian

Soal uraian

PPKn

3.4.1 Menjelaskan makna persatuan dan kesatuan dalam keberagaman.

Tes tertulis

Soal pilihan ganda

Soal isian

Soal uraian

 

c.    Unjuk Kerja

Muatan

Indikator

Teknik Penilaian

Bentuk Instumen

SBdP

4.3.1 Mempraktikkan gerak dasar tari Bungong Jeumpa dengan hitungan dari guru.

Unjuk kerja

Catatan Anekdot untuk mencatat untuk melihat kemampuan siswa.

PPKn

4.4.1 Mempresentasikan keberagaman suku bangsa, sosial dan budaya di Indonesia.

Unjuk hasil dan diskusi

Rubrik penilaian pada BG halaman 26-27.

 

2.    Bentuk Instrumen Penilaian

a.    Jurnal Penilaian Sikap

No.

Tanggal

Nama Siswa

Catatan Perilaku

Butir Sikap

Tindak Lanjut

1.

 

 

 

 

 

2.

 

 

 

 

 

3.

 

 

 

 

 

4.

 

 

 

 

 

5.

 

 

 

 

 

 

b.    Catatan Anekdot Penilaian SBdP

Menari tarian Bungong Jeumpa dinilai dengan catatan Anekdot untuk melihat kemampuan siswa.

No.

Tanggal

Nama Siswa

Catatan Kemampuan Siswa

Tindak Lanjut

1.

 

 

 

 

2.

 

 

 

 

3.

 

 

 

 

4.

 

 

 

 

5.

 

 

 

 

 

c.    Rubrik Penilaian PPKn

1)   Presentasi keberagaman di Indonesia dinilai menggunakan rubrik.

Kriteria

Baik Sekali

(4)

Baik

(3)

Cukup

(2)

Perlu Pendampingan

(1)

Mencari informasi

Menemukan semua hal yang diharapkan dengan mencari dari berbagai sumber.

Menemukan sebagian besar informasi yang diharapkan dengan mencari dari berbagai sumber.

Menemukan sebagian informasi yang diharapkan dengan mencari dari berbagai sumber.

Menemukan sebagian kecil informasi yang diharapkan dengan mencari dari berbagai sumber.

Mengolah informasi

Menuliskan seluruh informasi ke dalam tabel dengan benar.

Menuliskan sebagian besar informasi ke dalam tabel dengan benar.

Menuliskan sebagian informasi ke dalam tabel dengan benar.

Menuliskan sebagian kecil informasi ke dalam tabel dengan benar.

Menyajikan informasi

Menyajikan semua informasi dengan sistematis sehingga mudah dipahami.

Menyajikan sebagian besar informasi dengan sistematis sehingga cukup mudah dipahami.

Menyajikan sebagian informasi dengan sistematis sehingga kurang bisa dipahami.

Menyajikan informasi dengan tidak sistematis sehingga sulit dipahami.

Penilaian (penskoran):

 

2)   Diskusi: pada saat diskusi keberagaman dinilai menggunakan rubrik.

Kriteria

Baik Sekali

(4)

Baik

(3)

Cukup

(2)

Perlu Pendampingan

(1)

Mendengarkan

Selalu mendengarkan teman yang sedang berbicara.

Mendengarkan teman yang berbicara, namun sesekali masih perlu diingatkan.

Masih perlu diingatkan untuk mendengarkan teman yang sedang berbicara.

Sering diingatkan untuk mendengar-kan teman yang sedang berbicara namun tidak mengindahkan.

Komunikasi nonverbal (kontak mata, bahasa tubuh, postur, ekspresi wajah, suara)

Merespon dan menerapkan komunikasi nonverbal dengan tepat.

Merespon dengan tepat terhadap komunikasi nonverbal yang ditunjukkan teman.

Sering merespon kurang  tepat terhadap komunikasi nonverbal yang ditunjukkan teman.

Membutuhkan bantuan dalam memahami bentuk komunikasi nonverbal yang ditunjukkan teman.

Partisipasi (menyampaikan ide, perasaan, pikiran)

Isi pembicaraan menginspirasi teman. Selalu mendukung dan memimpin lainnya saat diskusi.

Berbicara dan menerangkan secara rinci, merespon sesuai dengan topik.

Berbicara dan menerangkan secara rinci, namun terkadang merespon kurang sesuai dengan topik.

Jarang berbicara selama proses diskusi berlangsung.

Penilaian (penskoran):

 

Refleksi Guru:

 

 

 

Mengetahui,

Kepala SDN 01 Kibang Tri Jaya

 

 

 

 

MURSALIN, S.Pd.

NIP. 19620715 198207 1 001

 

Kibang Tri Jaya, ...................201...

Guru Kelas IV

 

 

 

 

DIDIN NURDIANSYAH, S.Pd.

NIP. 19850607 201407 1 001


 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

Sekolah                       :  SDN 01 KIBANG TRI JAYA

Kelas /Semester          :  IV /1(satu)

Tema                          :  1. Indahnya Kebersamaan

Subtema                      :  1. Keberagaman Budaya Bangsaku

Pembelajaran ke-       :  3

Fokus Pembelajaran  :  IPA dan Bahasa Indonesia

Alokasi Waktu           :  4 x 35 menit (4 JP)

 

A.  KOMPETENSI INTI (KI)

1.    Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.

2.    Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangga.

3.    Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.

4.    Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

 

B.   KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI

IPA

Kompetensi Dasar

Indikator Pencapaian Kompetensi

3.6 Menerapkan sifat-sifat bunyi dan keterkaitannya dengan indra pendengaran.

3.6.2 Menjelaskan sifat-sifat bunyi merambat.

4.6 Menyajikan laporan hasil percobaan tentang sifat-sifat bunyi.

4.6.2 Menyajikan laporan hasil percobaan tentang sifat-sifat bunyi merambat.

 

Bahasa Indonesia

Kompetensi Dasar

Indikator Pencapaian Kompetensi

3.1 Mencermati gagasan pokok dan gagasan pendukung yang diperoleh dari teks lisan, tulis, atau visual.

3.1.1 Mengidentifikasi gagasan pokok dan gagasan pendukung setiap paragraf dari teks tulis.

3.2 Mencermati keterhubungan antargagasan yang didapat dari teks lisan, tulis, atau visual.

3.2.1 Mengidentifikasi gagasan pokok dan gagasan pendukung serta keterhubungan antargagasan.

4.1 Menata informasi yang didapat dari teks berdasarkan keterhubungan antargagasan ke dalam kerangka tulisan.

4.1.1 Menyajikan gagasan pokok dan gagasan pendukung setiap paragraf dari teks tulis dalam bentuk peta pikiran.

4.2 Menyajikan hasil pengamatan tentang keterhubungan antargagasan ke dalam tulisan.

4.2.1 Menulis gagasan pokok dan gagasan pendukung serta hubungan antargagasan dari teks yang dibaca.

 

C.  TUJUAN PEMBELAJARAN

1.    Setelah percobaan, siswa mampu menjelaskan sifat-sifat bunyi merambat dengan lengkap.

2.    Setelah percobaan, siswa mampu menyajikan laporan tentang sifat-sifat bunyi merambat dengan sistematis.

3.    Setelah membaca teks tentang “Membantu Sesama”, siswa mampu mengidentifikasi gagasan pokok dan gagasan pendukung setiap paragraf dari teks tulis dengan mandiri.

4.    Setelah membaca teks tentang “Membantu Sesama”, siswa mampu menyajikan gagasan pokok dan gagasan pendukung setiap paragraf dari teks tulis dalam bentuk peta pikiran dengan tepat.

 

D.  MATERI PEMBELAJARAN

1.    Sifat-sifat perambatan bunyi.

2.    Media perambatan bunyi.

3.    Gagasan pokok dan gagasan pendukung paragraf.

4.    Hubungan antargagasan dalam suatu paragraf.

 

E.   METODE PEMBELAJARAN

Pendekatan Pembelajaran   :            Saintifik.

Metode Pembelajaran         : Simulasi, diskusi, tanya jawab, percobaan, penugasan, dan ceramah.

 

F.   MEDIA/ALAT, BAHAN, DAN SUMBER BELAJAR

Media/Alat           : 1. Selang plastik, gelas plastik, benang kasur, paku, ember besar, batu, dan corong kecil untuk percobaan IPA.

2. Teks bacaan.

Bahan                  : Air untuk percobaan IPA.

Sumber Belajar    : 1. Buku Guru dan Buku Siswa Kelas IV, Tema 1: Indahnya Kebersamaan, Subtema 1: Keberagaman Budaya Bangsaku, Pembelajaran 3. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (Revisi 2017). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

                           

G.  LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi

Alokasi Waktu

Pendahuluan

1.         Kelas dibuka dengan salam, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.

2.          Kelas dilanjutkan dengan doa dipimpin oleh salah seorang siswa.

3.          Siswa difasilitasi untuk bertanya jawab pentingnya mengawali setiap kegiatan dengan doa. Selain berdoa, guru dapat memberikan penguatan tentang sikap syukur.

4.          Siswa diajak menyanyikan Lagu Indonesia Raya. Guru memberikan penguatan tentang pentingnya menanamkan semangat kebangsaan.

5.          Siswa diminta memeriksa kerapian diri dan kebersihan kelas.

6.          Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang tujuan, manfaat, dan aktivitas pembelajaran yang akan dilakukan.

7.          Siswa menyimak penjelasan guru tentang pentingnya sikap peduli yang akan dikembangkan dalam pembelajaran.

8.          Pembiasaan membaca. Siswa dan guru mendiskusikan perkembangan kegiatan literasi yang telah dilakukan.

9.          Siswa diingatkan kembali pembelajaran sebelumnya tentang keragaman alat musik tradisional Indonesia.

15 menit

Kegiatan inti

1.         Siswa diberi kesempatan menjawab pertanyaan pembuka dari guru:

· Bagaimana bunyi dapat sampai ke telinga kita?

2.         Siswa dibagi menjadi tiga kelompok. Setiap kelompok akan melakukan tiga jenis percobaan yang berbeda tentang sifat bunyi merambat.

3.         Siswa dalam kelompok diminta berdiskusi untuk membuat pertanyaan tentang sifat bunyi merambat.

4.         Setiap kelompok menyampaikan pertanyaan hasil diskusi di depan kelas.

5.         Siswa dalam kelompok kemudian melakukan tiga jenis percobaan secara bergantian tentang sifat bunyi merambat berdasarkan instruksi yang ada pada Buku Siswa (BS) T1 ST1 P3 halaman 37-39.

6.         Siswa mengisi tabel yang tersedia pada BS halaman 39 berdasarkan hasil percobaan. Siswa masih dalam kelompok yang sama berdiskusi menjawab pertanyaan yang ada pada BS berdasarkan hasil percobaan.

7.         Siswa menyimak saat guru memberikan penguatan tentang sifat bunyi merambat.

8.         Siswa secara mandiri menulis hasil percobaan dalam bentuk laporan yang ada pada BS halaman 41.

9.         Selama siswa menulis laporan hasil percobaan, guru berkeliling untuk memastikan setiap siswa mengerjakan tugas dengan tertib. Guru dapat mendampingi siswa yang mendapatkan kesulitan dalam menjawab pertanyaan. Kegiatan ini untuk menumbuhkan karakter.

10.     Siswa diingatkan kembali tentang gagasan pokok dan gagasan pendukung yang telah dipelajari pada pembelajaran sebelumnya.

11.     Siswa membaca kembali teks ‘Sigap Membantu Sesama’ yang terdapat pada BS T1 ST1 P2 halaman 29.

12.     Siswa menemukan gagasan pokok dan gagasan pendukung dari teks dan menuliskannya dalam peta pikiran yang tersedia pada BS halaman 42-44.

13.     Selama siswa mengisi peta pikiran, guru berkeliling untuk memastikan setiap siswa mengerjakan tugas dengan tertib.

14.     Siswa mendiskusikan peta pikiran bersama teman dan guru dengan melakukan kegiatan ‘komidi putar’. Siswa dibagi menjadi dua kelompok yang jumlahnya sama. Setiap kelompok membuat lingkaran besar, satu lingkaran akan berada dalam lingkaran yang lain. Siswa dalam kedua lingkaran berpasangan dan saling berhadapan. Lingkaran bagian dalam berputar searah jarum jam sehingga setiap siswa akan mendapatkan pasangan yang berbeda. Siswa yang berpasangan memeriksa peta pikiran yang dibuat temannya dan memberi masukan. Siswa dapat berputar beberapa kali sesuai kebutuhan berdasarkan waktu yang tersedia.

110 menit

Penutup

1.         Siswa bersama guru melakukan refleksi atas pembelajaran yang telah berlangsung:

·      Apa saja yang telah dipelajari dari kegiatan hari ini?

·      Keragaman apa yang telah dipelajari?

·      Apa yang dilakukan agar alat musik tradisional Indonesia tidak punah?

2.          Siswa bersama guru menyimpulkan hasil pembelajaran pada hari ini.

3.         Siswa menyimak penjelasan guru tentang aktivitas pembelajaran pada pertemuan selanjutnya. Termasuk menyampaikan kegiatan bersama orang tua yaitu: melakukan percobaan perambatan bunyi di rumah lalu menceritakan hasilnya kepada teman dan guru di sekolah.

4.         Siswa menyimak cerita motivasi tentang pentingnya sikap peduli.

5.         Siswa melakukan operasi semut untuk menjaga kebersihan  kelas.

6.         Kelas ditutup dengan doa bersama dipimpin salah seorang siswa.

15 menit

 

H.  PENILAIAN

1.    Teknik Penilaian

a.    Penilaian Sikap

Mencatat hal-hal menonjol (positif atau negatif) yang ditunjukkan siswa dalam sikap peduli.

 

b.    Penilaian Pengetahuan

Muatan

Indikator

Teknik Penilaian

Bentuk Instumen

IPA

3.6.2 Menjelaskan sifat-sifat bunyi merambat.

Tes tertulis

Soal pilihan ganda

Soal isian

Soal uraian

Bahasa Indonesia

3.1.1 Mengidentifikasi gagasan pokok dan gagasan pendukung setiap paragraf dari teks tulis.

Tes tertulis

Soal pilihan ganda

Soal isian

Soal uraian

3.2.1 Mengidentifikasi gagasan pokok dan gagasan pendukung serta keterhubungan antargagasan.

Tes tertulis

Soal pilihan ganda

Soal isian

Soal uraian

 


 

c.    Unjuk Kerja

Muatan

Indikator

Teknik Penilaian

Bentuk Instumen

IPA

4.6.2 Menyajikan laporan hasil percobaan tentang sifat-sifat bunyi merambat.

Unjuk kerja dan hasil

Rubrik penilaian pada BG halaman 38-39.

Bahasa Indonesia

4.1.1 Menyajikan gagasan pokok dan gagasan pendukung setiap paragraf dari teks tulis dalam bentuk peta pikiran.

Unjuk hasil

Rubrik penilaian pada BG halaman 40.

4.2.1 Menulis gagasan pokok dan gagasan pendukung serta hubungan antargagasan dari teks yang dibaca.

 

d.    Remedial

Siswa yang belum memahami sifat bunyi merambat akan mengulang percobaan dengan pendampingan. Siswa dapat dibantu oleh siswa lain yang telah menguasai konsep tersebut.

 

e.    Pengayaan

Apabila memiliki waktu, siswa dapat memainkan ansambel bunyi yang telah mereka kreasikan pada pembelajaran sebelumnya kepada kelas lain.

 

2.    Bentuk Instrumen Penilaian

a.    Jurnal Penilaian Sikap

No.

Tanggal

Nama Siswa

Catatan Perilaku

Butir Sikap

Tindak Lanjut

1.

 

 

 

 

 

2.

 

 

 

 

 

3.

 

 

 

 

 

4.

 

 

 

 

 

5.

 

 

 

 

 

 

b.    Rubrik Penilaian IPA

1)   Laporan hasil percobaan tentang sifat-sifat bunyi merambat dinilai menggunakan rubrik.

Kriteria

Baik Sekali

(4)

Baik

(3)

Cukup

(2)

Perlu Pendampingan

(1)

Sifat-sifat bunyi merambat

Menjelaskan semua sifat bunyi merambat berdasarkan hasil percobaan dengan benar.

Menjelaskan sebagian besar sifat bunyi merambat berdasarkan hasil percobaan dengan benar.

Menjelaskan sebagian kecil sifat bunyi merambat berdasarkan hasil percobaan dengan benar.

Belum dapat menjelaskan sifat-sifat bunyi merambat.

Laporan pengamatan tentang sifat bunyi merambat

Menyajikan laporan pengamatan tentang sifat bunyi merambat berdasarkan hasil percobaan dengan sistematis.

Menyajikan laporan pengamatan tentang sebagian besar sifat bunyi merambat berdasarkan hasil percobaan cukup sistematis.

Menyajikan laporan pengamatan tentang sebagian kecil sifat bunyi merambat berdasarkan hasil percobaan kurang sistematis.

Belum dapat menyajikan laporan pengamatan tentang sifat bunyi merambat berdasarkan hasil percobaan.

Sikap rasa ingin tahu dan berpikir kritis

Tampak antusias dan mengajukan banyak ide dan pertanyaan selama kegiatan.

Tampak cukup antusias dan terkadang mengajukan ide dan pertanyaan selama kegiatan.

Tampak kurang antusias dan tidak mengajukan ide dan pertanyaan selama kegiatan.

Tidak tampak antusias dan perlu dimotivasi untuk mengajukan ide dan pertanyaan.

Penilaian (penskoran):

 


 

2)   Percobaan IPA dinilai menggunakan rubrik.

Kriteria

Baik Sekali

(4)

Baik

(3)

Cukup

(2)

Perlu Pendampingan

(1)

Penerapan konsep

Memperlihatkan pemahaman konsep dengan menunjukkan bukti pendukung dan menyampai-kan pemahaman inti dari konsep yang sedang dipelajari dengan benar.

Memperlihatkan pemahaman konsep dengan menunjukkan bukti pendukung namun perlu bantuan saat menyampaikan pemahaman inti dari konsep yang sedang dipelajari.

Memperlihatkan pemahaman konsep dengan menunjukkan bukti yang terbatas dan penyampaian pemahaman inti dari konsep tidak jelas.

Perlu bimbingan saat menyampaikan bukti dan pemahaman inti dari konsep yang sedang dipelajari.

Komunikasi

Hasil percobaan disampaikan dengan jelas, obyektif dengan didukung data penunjang.

Hasil percobaan disampaikan dengan jelas dan didukung sebagian data penunjang.

Hasil percobaan disampaikan dengan jelas namun hanya didukung sebagian kecil data penunjang.

Hasil percobaan disampaikan dengan kurang jelas dan tanpa data penunjang.

Prosedur dan strategi

Seluruh data dicatat, langkah kegiatan dilaku-kan secara sistematis dan strategi yang digunakan membuat percobaan berhasil.

Seluruh data dicatat, langkah kegiatan dilakukan secara sistematis, namun masih membutuhkan bimbingan dalam menemukan strategi agar percobaan berhasil.

Sebagian besar data dicatat, langkah kegiatan dan strategi dilakukan secara sistematis setelah mendapat bantuan guru.

Sebagian kecil data dicatat, langkah kegiatan tidak sistematis dan strategi yang dipilih tidak tepat.

Penilaian (penskoran):

 

c.    Rubrik Penilaian Bahasa Indonesia

Tugas siswa menemukan gagasan pokok dan gagasan pendukung dari setiap paragraf dinilai menggunakan rubrik.

Kriteria

Baik Sekali

(4)

Baik

(3)

Cukup

(2)

Perlu Pendampingan

(1)

Gagasan pokok

Menemukan gagasan pokok pada semua paragraf dengan benar.

Menemukan sebagian besar gagasan pokok pada semua paragraf dengan benar.

Menemukan sebagian kecil gagasan pokok pada semua paragraf dengan benar.

Belum dapat menemukan gagasan pokok.

Gagasan pendukung

Menemukan gagasan pendukung pada semua paragraf dengan benar.

Menemukan sebagian besar gagasan pendukung pada semua paragraf dengan benar.

Menemukan sebagian kecil gagasan pendukung pada semua paragraf dengan benar.

Belum dapat menemukan gagasan pendukung.

Penyajian gagasan pokok dan gagasan pendukung  dalam peta pikiran

Menyajikan gagasan pokok dan gagasan pendukung dalam peta pikiran dengan tepat.

Menyajikan sebagian besar gagasan pokok dan gagasan pendukung dalam peta pikiran dengan tepat.

Menyajikan sebagian kecil gagasan pokok dan gagasan pendukung dalam peta pikiran dengan tepat.

Belum dapat menyajikan gagasan pokok dan gagasan pendukung dalam peta pikiran.

Sikap: Mandiri

Tugas diselesai-kan dengan mandiri.

Sebagian besar tugas diselesai-kan dengan mandiri.

Tugas diselesai-kan dengan motivasi dan bimbingan guru.

Belum dapat menyelesaikan tugas meski telah diberikan motivasi dan bimbingan.

Penilaian (penskoran):

 

 

Refleksi Guru:

 

 

 

 

Mengetahui,

Kepala SDN 01 Kibang Tri Jaya

 

 

 

 

MURSALIN, S.Pd.

NIP. 19620715 198207 1 001

 

Kibang Tri Jaya, ...................201...

Guru Kelas IV

 

 

 

 

DIDIN NURDIANSYAH, S.Pd.

NIP. 19850607 201407 1 001

 


 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

Sekolah                       :  SDN 01 KIBANG TRI JAYA

Kelas /Semester          :  IV /1(satu)

Tema                          :  1. Indahnya Kebersamaan

Subtema                      :  1. Keberagaman Budaya Bangsaku

Pembelajaran ke-       :  4

Fokus Pembelajaran  :  Bahasa Indonesia dan PPKn

Alokasi Waktu           :  4 x 35 menit (4 JP)

 

A.  KOMPETENSI INTI (KI)

1.    Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.

2.    Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangga.

3.    Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.

4.    Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

 

B.   KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI

Bahasa Indonesia

Kompetensi Dasar

Indikator Pencapaian Kompetensi

3.1 Mencermati gagasan pokok dan gagasan pendukung yang diperoleh dari teks lisan, tulis, atau visual.

3.1.2 Menuliskan gagasan pokok dan gagasan pendukung dari setiap paragraf teks yang dibaca.

4.1 Menata informasi yang didapat dari teks berdasarkan keterhubungan antargagasan ke dalam kerangka tulisan.

4.1.2 Menyusun gagasan pokok dan gagasan pendukung dari teks yang dibaca menjadi kerangka tulisan.

 

PPKn

Kompetensi Dasar

Indikator Pencapaian Kompetensi

3.4 Mengidentifikasi berbagai bentuk keberagaman suku, bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan.

3.4.2 Menjelaskan pentingnya sikap persatuan dan kesatuan dalam keberagaman.

4.4 Menyajikan berbagai bentuk keberagaman suku, bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan.

4.4.2 Menemukan contoh-contoh sikap persatuan dan kesatuan dalam keberagaman di lingkungan.

 

C.  TUJUAN PEMBELAJARAN

1.    Setelah membaca teks, siswa mampu menuliskan gagasan pokok dan gagasan pendukung dari setiap paragraf teks yang dibaca dengan terstruktur.

2.    Setelah membaca teks, siswa mampu menyusun gagasan pokok dan gagasan pendukung dari teks yang dibaca menjadi kerangka tulisan dengan sistematis.

3.    Setelah melakukan demontrasi, siswa mampu menjelaskan pentingnya sikap persatuan dan kesatuan dalam keberagaman dengan terperinci.

4.    Setelah berdiskusi, siswa mampu menemukan contoh-contoh sikap persatuan dan kesatuan dalam keberagaman di lingkungan dengan benar.

 

D.  MATERI PEMBELAJARAN

1.    Gagasan pokok dan gagasan pendukung paragraf.

2.    Makna persatuan dan kesatuan dalam keberagaman.

3.    Pentingnya sikap persatuan dan kesatuan dalam keberagaman.

 

E.   METODE PEMBELAJARAN

Pendekatan Pembelajaran   :            Saintifik.

Metode Pembelajaran         : Simulasi, demonstrasi, diskusi, tanya jawab, penugasan, dan ceramah.

 

F.   MEDIA/ALAT, BAHAN, DAN SUMBER BELAJAR

Media/Alat           : 1. Teks bacaan.

2. Sapu lidi.

Bahan                  : -

Sumber Belajar    : 1. Buku Guru dan Buku Siswa Kelas IV, Tema 1: Indahnya Kebersamaan, Subtema 1: Keberagaman Budaya Bangsaku, Pembelajaran 4. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (Revisi 2017). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

                           

G.  LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi

Alokasi Waktu

Pendahuluan

1.          Kelas dibuka dengan salam, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.

2.          Kelas dilanjutkan dengan doa dipimpin oleh salah seorang siswa.

3.          Siswa difasilitasi untuk bertanya jawab pentingnya mengawali setiap kegiatan dengan doa. Selain berdoa, guru dapat memberikan penguatan tentang sikap syukur.

4.          Siswa diajak menyanyikan Lagu Indonesia Raya. Guru memberikan penguatan tentang pentingnya menanamkan semangat kebangsaan.

5.          Siswa diminta memeriksa kerapian diri dan kebersihan kelas.

6.          Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang tujuan, manfaat, dan aktivitas pembelajaran yang akan dilakukan.

7.          Siswa menyimak penjelasan guru tentang pentingnya sikap santun dan peduli yang akan dikembangkan dalam pembelajaran.

8.          Pembiasaan membaca. Siswa dan guru mendiskusikan perkembangan kegiatan literasi yang telah dilakukan.

9.          Siswa memperhatikan gambar tari Kipas Pakarena. Siswa menyimak saat guru menjelaskan bahwa Indonesia kaya akan budaya termasuk tari tradisional.

15 menit

Kegiatan inti

1.          Siswa membaca teks ‘Tari Kipas Pakarena’ yang ada pada Buku Siswa (BS) T1 ST1 P4 halaman 51. Siswa membaca teks tersebut dengan membaca senyap.

2.          Setelah membaca, siswa mengidentifikasi gagasan pokok dan gagasan pendukung dari teks. Guru memberikan bimbingan kepada siswa untuk membaca teks dengan berlahan. Guru bisa memberikan pertanyaan-pertanyaan berikut untuk membantu membimbing siswa.

·      Apa yang dibicarakan di paragraf 1?

·      Apa inti dari paragraf 1?

3.          Siswa mengisi gagasan pokok dan gagasan pendukung dalam peta pikiran yang terdapat pada BS halaman 52-54.

4.          Setelah selesai, siswa saling menukar jawaban dengan temannya.

5.          Salah satu siswa diminta maju ke depan untuk menjawab gagasan pokok dan gagasan pendukung tiap paragraf.

6.          Siswa membahas bersama guru tentang gagasan pokok dan gagasan pendukung paragraf. Guru memastikan bahwa setiap siswa paham.

7.         Siswa diajak membaca teks dan melakukan simulasi tentang makna persatuan dan kesatuan pada BS halaman 55.

8.         Siswa diminta menyapu sampah kertas yang disebarkan guru di lantai dengan sapu lidi yang juga disediakan guru. Siswa diajak mengamati hal yang terjadi.

9.         Selanjutnya, siswa diminta menyapu sampah kertas dengan sebatang lidi dan mengamati hal yang terjadi.

10.     Siswa dipandu oleh guru menyimpulkan bahwa persatuan dan kesatuan memberi manfaat sebagai berikut.

·      Bersatu membuat sebuah keluarga, masyarakat, dan bangsa menjadi kuat.

·      Bersatu dan bekerja sama dapat memudahkan dan mempercepat pekerjaan.

11.     Secara individu, siswa mengidentifikasi sikap-sikap yang menunjukkan persatuan dan kesatuan. Siswa menuliskan hasilnya dalam tabel yang tersedia pada BS halaman 56.

12.     Siswa bersama guru mendiskusikan sikap-sikap yang menunjukkan persatuan dan kesatuan. Guru menuliskan hasil diskusi di papan tulis.

13.     Siswa dibagi ke dalam kelompok. Setiap kelompok terdiri dari lima siswa. Siswa berdiskusi tentang pertanyaan berikut.

·      Menurutmu, apa yang akan terjadi jika kita memiliki sikap persatuan dan kesatuan?

·      Apa yang akan terjadi jika kita tidak memiliki sikap persatuan dan kesatuan?

14.     Satu kelompok diminta mempresentasikan jawabannya. Sementara kelompok yang lain menanggapi.

15.     Siswa bersama guru menyimpulkan tentang pendapat siswa berdasarkan hasil diskusi kelompok.

110 menit

Penutup

1.         Siswa bersama guru melakukan refleksi atas pembelajaran yang telah berlangsung:

·      Apa saja yang telah dipelajari dari kegiatan hari ini?

·      Apa yang perlu dilakukan untuk mempererat persatuan dan kesatuan?

2.          Siswa bersama guru menyimpulkan hasil pembelajaran pada hari ini.

3.         Siswa menyimak penjelasan guru tentang aktivitas pembelajaran pada pertemuan selanjutnya. Termasuk menyampaikan kegiatan bersama orang tua yaitu: menyampaikan kepada orang tua tentang pentingnya sikap persatuan dan kesatuan serta melakukan refleksi bagaimana persatuan dan kesatuan di lingkungannya.

4.         Siswa menyimak cerita motivasi tentang pentingnya sikap santun dan peduli.

5.         Siswa melakukan operasi semut untuk menjaga kebersihan  kelas.

6.         Kelas ditutup dengan doa bersama dipimpin salah seorang siswa.

15 menit

 

H.  PENILAIAN

1.    Teknik Penilaian

a.    Penilaian Sikap

Mencatat hal-hal menonjol (positif atau negatif) yang ditunjukkan siswa dalam sikap santun dan peduli.

 

b.    Penilaian Pengetahuan

Muatan

Indikator

Teknik Penilaian

Bentuk Instumen

Bahasa Indonesia

3.1.2 Menuliskan gagasan pokok dan gagasan pendukung dari setiap paragraf teks yang dibaca.

Tes tertulis

Soal pilihan ganda

Soal isian

Soal uraian

PPKn

3.4.2 Menjelaskan pentingnya sikap persatuan dan kesatuan dalam keberagaman.

Tes tertulis

Soal pilihan ganda

Soal isian

Soal uraian

 


 

c.    Unjuk Kerja

Muatan

Indikator

Teknik Penilaian

Bentuk Instumen

Bahasa Indonesia

4.1.2 Menyusun gagasan pokok dan gagasan pendukung dari teks yang dibaca menjadi kerangka tulisan.

Unjuk hasil

Rubrik penilaian pada BG halaman 49.

PPKn

4.4.2 Menemukan contoh-contoh sikap persatuan dan kesatuan dalam keberagaman di lingkungan.

Unjuk hasil dan diskusi

Daftar periksa pada BG halaman 49.

Rubrik penilaian pada BG halaman 50.

 

2.    Bentuk Instrumen Penilaian

a.    Jurnal Penilaian Sikap

No.

Tanggal

Nama Siswa

Catatan Perilaku

Butir Sikap

Tindak Lanjut

1.

 

 

 

 

 

2.

 

 

 

 

 

3.

 

 

 

 

 

4.

 

 

 

 

 

5.

 

 

 

 

 

 

b.    Rubrik Penilaian Bahasa Indonesia

Saat siswa mengidentifikasi gagasan pokok dan gagasan pendukung, guru menilai menggunakan rubrik.

Kriteria

Baik Sekali

(4)

Baik

(3)

Cukup

(2)

Perlu Pendampingan

(1)

Mengidentifi-kasi gagasan pokok

Mengidentifikasi gagasan pokok dari 4 paragraf dengan benar.

Mengidentifikasi gagasan pokok dari 3 paragraf dengan benar.

Mengidentifikasi gagasan pokok dari 2 paragraf dengan benar.

Mengidentifikasi gagasan pokok dari 1 paragraf dengan benar.

Mengidentifi-kasi gagasan pendukung

Mengidentifikasi gagasan pendukung dari 4 paragraf dengan benar.

Mengidentifikasi gagasan pendukung dari 3 paragraf dengan benar.

Mengidentifikasi gagasan pendukung dari 2 paragraf dengan benar.

Mengidentifikasi gagasan pendukung dari 1 paragraf dengan benar.

Mengkomuni-kasikan

Menulis secara sistematis, mudah dipahami, dan menggunakan bahasa baku.

Memenuhi 2 dari 3 kriteria yang diharapkan.

Memenuhi 1 dari 3 kriteria yang diharapkan.

Belum memenuhi kriteria yang diharapkan.

Penilaian (penskoran):

 

c.    Rubrik Penilaian PPKn

1)   Saat siswa menjelaskan pentingnya sikap persatuan dan kesatuan serta contoh-contohnya, guru menilai menggunakan daftar periksa.

Kriteria

Ya

Tidak

Menjelaskan pentingnya sikap persatuan dan kesatuan dalam keberagaman.

 

 

Menemukan 3 contoh sikap persatuan dan kesatuan dalam keberagaman di lingkungan.

 

 

 


 

2)   Pada saat diskusi tentang persatuan dan kesatuan, guru menilai menggunakan rubrik.

Kriteria

Baik Sekali

(4)

Baik

(3)

Cukup

(2)

Perlu Pendampingan

(1)

Mendengarkan

Selalu mendengarkan teman yang sedang berbicara.

Mendengarkan teman yang berbicara, namun sesekali masih perlu diingatkan.

Masih perlu diingatkan untuk mendengarkan teman yang sedang berbicara.

Sering diingatkan untuk mendengar-kan teman yang sedang berbicara namun tidak mengindahkan.

Komunikasi nonverbal (kontak mata, bahasa tubuh, postur, ekspresi wajah, suara)

Merespon dan

menerapkan

komunikasi nonverbal dengan tepat.

Merespon dengan tepat terhadap komunikasi nonverbal yang ditunjukkan teman.

Sering merespon kurang tepat terhadap komunikasi nonverbal yang ditunjukkan teman.

Membutuhkan bantuan dalam memahami bentuk komunikasi nonverbal yang ditunjukkan teman.

Partisipasi (menyampaikan ide, perasaan, pikiran)

Isi pembicaraan

menginspirasi

teman. Selalu mendukung dan memimpin teman lainnya saat diskusi.

Berbicara dan menerangkan

secara rinci,

merespon sesuai

dengan topik.

Berbicara dan

menerangkan

secara rinci, namun terkadang merespon kurang sesuai dengan topik.

Jarang berbicara

Selama proses diskusi berlangsung.

Penilaian (penskoran):

 

Refleksi Guru:

 

 

Mengetahui,

Kepala SDN 01 Kibang Tri Jaya

 

 

 

 

MURSALIN, S.Pd.

NIP. 19620715 198207 1 001

 

Kibang Tri Jaya, ...................201...

Guru Kelas IV

 

 

 

 

DIDIN NURDIANSYAH, S.Pd.

NIP. 19850607 201407 1 001


 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

Sekolah                       :  SDN 01 KIBANG TRI JAYA

Kelas /Semester          :  IV /1(satu)

Tema                          :  1. Indahnya Kebersamaan

Subtema                      :  1. Keberagaman Budaya Bangsaku

Pembelajaran ke-       :  5

Fokus Pembelajaran  :  IPS dan SBdP

Alokasi Waktu           :  4 x 35 menit (4 JP)

 

A.  KOMPETENSI INTI (KI)

1.    Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.

2.    Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangga.

3.    Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.

4.    Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

 

B.   KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI

IPS

Kompetensi Dasar

Indikator Pencapaian Kompetensi

3.2 Mengidentifikasi keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis, dan agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia; serta hubungannya dengan karakteristik ruang.

3.2.2 Menjelaskan keragaman sosial dan budaya provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia secara tertulis dan lisan.

4.2 Menyajikan hasil identifikasi mengenai keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis, dan agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia; serta hubungannya dengan karakteristik ruang.

4.2.2 Menyajikan keragaman sosial dan budaya provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia secara tertulis dan lisan.

 

SBdP

Kompetensi Dasar

Indikator Pencapaian Kompetensi

3.3 Memahami dasar-dasar gerak tari daerah.

3.3.2 Menjelaskan dasar-dasar gerak tari Bungong Jeumpa dalam posisi duduk.

4.3 Meragakan dasar-dasar gerak tari daerah.

4.3.2 Mempraktikkan dasar-dasar gerak tari Bungong Jeumpa dalam posisi duduk.

 

C.  TUJUAN PEMBELAJARAN

1.    Dengan membaca teks tentang suku Minang, siswa mampu menjelaskan keragaman sosial dan budaya provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia secara tertulis dan lisan secara terperinci.

2.    Dengan membaca teks tentang suku Minang, siswa mampu menyajikan keragaman sosial dan budaya provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia secara tertulis dan lisan secara terperinci.

3.    Dengan mengamati gambar dan langkah-langkah serta peragaan dari guru, siswa mampu menjelaskan dasar-dasar gerak tari Bungong Jeumpa dalam posisi duduk dengan benar.

 

D.  MATERI PEMBELAJARAN

1.    Keragaman sosial dan budaya di Indonesia.

2.    Gerakan tari Bungong Jeumpa dalam posisi duduk.

 

E.   METODE PEMBELAJARAN

Pendekatan Pembelajaran   :            Saintifik.

Metode Pembelajaran         : Simulasi, demonstrasi, diskusi, tanya jawab, penugasan, dan ceramah.

 

F.   MEDIA/ALAT, BAHAN, DAN SUMBER BELAJAR

Media/Alat           : 1. Teks bacaan tentang suku di Indonesia.

2. Video tari Bungong Jeumpa.

Bahan                  : -

Sumber Belajar    : 1. Buku Guru dan Buku Siswa Kelas IV, Tema 1: Indahnya Kebersamaan, Subtema 1: Keberagaman Budaya Bangsaku, Pembelajaran 5. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (Revisi 2017). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

                           

G.      LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi

Alokasi Waktu

Pendahuluan

1.          Kelas dibuka dengan salam, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.

2.          Kelas dilanjutkan dengan doa dipimpin oleh salah seorang siswa.

3.          Siswa difasilitasi untuk bertanya jawab pentingnya mengawali setiap kegiatan dengan doa. Selain berdoa, guru dapat memberikan penguatan tentang sikap syukur.

4.          Siswa diajak menyanyikan Lagu Indonesia Raya. Guru memberikan penguatan tentang pentingnya menanamkan semangat kebangsaan.

5.          Siswa diminta memeriksa kerapian diri dan kebersihan kelas.

6.          Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang tujuan, manfaat, dan aktivitas pembelajaran yang akan dilakukan.

7.          Siswa menyimak penjelasan guru tentang pentingnya sikap santun yang akan dikembangkan dalam pembelajaran.

8.          Pembiasaan membaca. Siswa dan guru mendiskusikan perkembangan kegiatan literasi yang telah dilakukan.

9.          Siswa diajak menyebutkan nama-nama suku di Indonesia yang mereka ketahui untuk menyegarkan suasana kembali.

15 menit

Kegiatan inti

1.          Siswa menyimak saat guru menjelaskan bahwa warga yang baik adalah warga yang mampu memahami dan menghargai keragaman serta perbedaan yang ada di sekitar mereka, baik keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis, dan agama.

2.          Siswa diajak membaca teks ‘Suku Minang’ pada Buku Siswa (BS) T1 ST1 P5 halaman 58-59 dalam hati (membaca senyap).

3.          Siswa secara mandiri diminta menuliskan pertanyaan tentang hal yang ingin mereka ketahui lagi tentang Suku Minang. Siswa menuliskan pertanyaan sebanyak-banyaknya tentang suku Minang.

4.          Siswa dibagi dalam kelompok kecil yang terdiri dari 3-4 siswa. Siswa diminta mendiskusikan jawaban dari pertanyaan yang telah ditulis dengan teman satu kelompok.

5.          Siswa menyimak saat guru menjelaskan bahwa keragaman yang ada di sekitar tidak terbatas pada suku tetapi mencakup keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis, dan agama. Siswa diminta untuk menunjukkan sikap santun kepada teman-teman yang berbeda budaya. Kegiatan ini untuk menumbuhkan karakter.

6.          Siswa dipandu oleh guru untuk mencari informasi lebih lanjut tentang keragaman sosial dan budaya yang terdapat di lingkungan provinsi mereka masing-masing. Guru membantu mengarahkan siswa untuk mencari dari berbagai sumber seperti buku bacaan, buku perpustakaan, media internet, dan sumber bacaan lain. Kegiatan ini dapat digunakan untuk mengembangkan literasi.

7.          Siswa menuliskan hasil temuan mereka dalam kolom yang disediakan pada BS halaman 60.

8.          Setelah mendapat informasi yang cukup, siswa mempresentasikan informasi yang mereka peroleh dalam kelompok.

9.          Setelah siswa selesai mempresentasikan tentang keragaman sosial dan budaya di lingkungan provinsi mereka, guru menginformasikan kepada siswa bahwa mereka akan melanjutkan mempelajari tari Bungong Jeumpa.

10.      Siswa mendiskusikan dan memperagakan gerakan dasar tari Bungong Jeumpa setelah mengamati gambar pada BS halaman 61-62, membaca penjelasan, dan menyaksikan peragaan dari guru.

11.      Siswa dipandu oleh guru melakukan gerakan dasar tari Bungong Jeumpa dalam posisi duduk.

12.      Setelah selesai menari, siswa menyimak penjelasan guru bahwa tari Bungong Jeumpa merupakan satu dari sekian banyak tarian yang ada di Indonesia. Kita semestinya bersyukur dan menghargai keberagaman tersebut. Ketika kita saling menghargai dalam keanekaragaman sosial dan budaya, maka akan tercipta kehidupan yang harmonis.

110 menit

Penutup

1.         Siswa bersama guru melakukan refleksi atas pembelajaran yang telah berlangsung:

·      Seberapa sering kita bekerja sama dengan orang yang berbeda suku, budaya, dan agama?

·      Apa yang akan dilakukan setelah mengetahui bahwa terdapat keberagaman di lingkungan sekitar?

2.          Siswa bersama guru menyimpulkan hasil pembelajaran pada hari ini.

3.         Siswa menyimak penjelasan guru tentang aktivitas pembelajaran pada pertemuan selanjutnya. Termasuk menyampaikan kegiatan bersama orang tua yaitu: menyampaikan kepada orang tua tentang pentingnya memahami dan menghargai keragaman serta perbedaan yang ada di sekitar.

4.         Siswa menyimak cerita motivasi tentang pentingnya sikap santun.

5.         Siswa melakukan operasi semut untuk menjaga kebersihan  kelas.

6.         Kelas ditutup dengan doa bersama dipimpin salah seorang siswa.

15 menit

 

H.  PENILAIAN

1.    Teknik Penilaian

a.    Penilaian Sikap

Mencatat hal-hal menonjol (positif atau negatif) yang ditunjukkan siswa dalam sikap santun.

 

b.    Penilaian Pengetahuan

Muatan

Indikator

Teknik Penilaian

Bentuk Instumen

IPS

3.2.2 Menjelaskan keragaman sosial dan budaya provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia secara tertulis dan lisan.

Tes tertulis

Soal pilihan ganda

Soal isian

Soal uraian

SBdP

3.3.2 Menjelaskan dasar-dasar gerak tari Bungong Jeumpa dalam posisi duduk.

Tes tertulis

Soal pilihan ganda

Soal isian

Soal uraian

 

c.    Unjuk Kerja

Muatan

Indikator

Teknik Penilaian

Bentuk Instumen

IPS

4.2.2 Menyajikan keragaman sosial dan budaya provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia secara tertulis dan lisan.

Unjuk kerja dan hasil

Rubrik penilaian pada BG halaman 57.

SBdP

4.3.2 Mempraktikkan dasar-dasar gerak tari Bungong Jeumpa dalam posisi duduk.

Unjuk kerja

Catatan Anekdot untuk mencatat untuk melihat kemampuan siswa.

 

d.    Pengayaan

Apabila ada waktu tersisa, siswa dapat berlatih tari Bungong Jeumpa secara berpasangan.

 

2.    Bentuk Instrumen Penilaian

a.    Jurnal Penilaian Sikap

No.

Tanggal

Nama Siswa

Catatan Perilaku

Butir Sikap

Tindak Lanjut

1.

 

 

 

 

 

2.

 

 

 

 

 

3.

 

 

 

 

 

4.

 

 

 

 

 

5.

 

 

 

 

 

 

b.    Rubrik Penilaian IPS

Tulisan dan presentasi tentang keragaman sosial dan budaya di provinsi masing-masing dinilai dengan rubrik.

Kriteria

Baik Sekali

(4)

Baik

(3)

Cukup

(2)

Perlu Pendampingan

(1)

Struktur presentasi

Presentasi memuat pembukaan, inti, dan penutup serta dikomunikasikan secara runtut.

Presentasi memuat pembukaan atau penutup dan inti serta dikomunikasikan secara runtut.

Presentasi hanya memuat inti serta disampaikan secara runtut.

Presentasi hanya memiliki pembuka atau penutup saja.

Tema

Seluruh gagasan pokok dan gagasan pendukung sesuai dengan tema.

Sebagian besar gagasan pokok dan gagasan pendukung sesuai dengan tema.

Sebagian kecil gagasan pokok dan gagasan pendukung sesuai dengan tema.

Gagasan pokok dan gagasan pendukung tidak sesuai tema.

Fakta pendukung

Seluruh fakta tentang keragaman sosial dan budaya yang terdapat di lingkungan provinsi masing-masing disajikan dengan benar.

Sebagian besar fakta tentang keragaman sosial dan budaya yang terdapat di lingkungan provinsi masing-masing disajikan dengan benar.

Sebagian kecil fakta tentang keragaman sosial dan budaya yang terdapat di lingkungan provinsi masing-masing disajikan dengan benar.

Fakta tentang keragaman sosial dan budaya yang terdapat di lingkungan provinsi masing-masing tidak benar.

Penilaian (penskoran):

 

c.    Catatan Anekdot Penilaian SBdP

Proses pembelajaran tari Bungong Jeumpa dinilai dengan catatan Anekdot untuk melihat kemampuan siswa.

No.

Tanggal

Nama Siswa

Catatan Kemampuan Siswa

Tindak Lanjut

1.

 

 

 

 

2.

 

 

 

 

3.

 

 

 

 

4.

 

 

 

 

5.

 

 

 

 

 

 

Refleksi Guru:

 

 

Mengetahui,

Kepala SDN 01 Kibang Tri Jaya

 

 

 

 

MURSALIN, S.Pd.

NIP. 19620715 198207 1 001

 

Kibang Tri Jaya, ...................201...

Guru Kelas IV

 

 

 

 

DIDIN NURDIANSYAH, S.Pd.

NIP. 19850607 201407 1 001

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

Sekolah                       :  SDN 01 KIBANG TRI JAYA

Kelas /Semester          :  IV /1(satu)

Tema                          :  1. Indahnya Kebersamaan

Subtema                      :  1. Keberagaman Budaya Bangsaku

Pembelajaran ke-       :  6

Fokus Pembelajaran  :  Bahasa Indonesia dan PPKn

Alokasi Waktu           :  4 x 35 menit (4 JP)

 

A.  KOMPETENSI INTI (KI)

1.    Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.

2.    Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangga.

3.    Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.

4.    Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

 

B.   KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI

Bahasa Indonesia

Kompetensi Dasar

Indikator Pencapaian Kompetensi

3.1 Mencermati gagasan pokok dan gagasan pendukung yang diperoleh dari teks lisan, tulis, atau visual.

3.1.1 Mengidentifikasi gagasan pokok dan gagasan pendukung setiap paragraf dari teks tulis.

4.1 Menata informasi yang didapat dari teks berdasarkan keterhubungan antargagasan ke dalam kerangka tulisan.

4.1.1 Menyajikan gagasan utama dan gagasan pendukung setiap paragraf dari teks tulis dalam bentuk peta pikiran.

 

PPKn

Kompetensi Dasar

Indikator Pencapaian Kompetensi

3.4 Mengidentifikasi berbagai bentuk keberagaman suku, bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan.

3.4.3 Menjelaskan rencana kegiatan yang mencerminkan sikap persatuan dan kesatuan dalam keberagaman agama.

4.4 Menyajikan berbagai bentuk keberagaman suku, bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan.

4.4.3 Membuat rencana kegiatan yang mencerminkan sikap persatuan dan kesatuan dalam keberagaman agama.

 

C.  TUJUAN PEMBELAJARAN

1.    Dengan membaca teks tentang suku Minang, siswa mampu menemukan gagasan pokok dan gagasan pendukung yang diperoleh dari teks tulis tentang keragaman sosial dan budaya suku Minang dengan benar.

2.    Dengan membaca teks tentang suku Minang, siswa mampu menyajikan gagasan pokok dan gagasan pendukung yang diperoleh dari teks tulis tentang keragaman sosial dan budaya suku Minang dengan benar.

3.    Setelah membaca teks tentang suku Minang, siswa mampu menjelaskan rencana kegiatan yang mencerminkan sikap persatuan dan kesatuan dalam perbedaan di lingkungan sekolah. Caranya dengan membuat rencana kegiatan yang mencerminkan sikap persatuan dan kesatuan dalam perbedaan di lingkungan sekolah secara terstruktur.

4.    Setelah membaca teks tentang suku Minang, siswa mampu membuat rencana kegiatan yang mencerminkan sikap persatuan dan kesatuan dalam perbedaan di lingkungan sekolah dengan Buatlah rencana kegiatan yang mencerminkan sikap persatuan dan kesatuan dalam perbedaan di lingkungan sekolah secara terstruktur.

 


 

D.  MATERI PEMBELAJARAN

1.    Gagasan pokok dan gagasan pendukung paragraf.

2.    Perbedaan gagasan pokok dan gagasan pendukung.

3.    Contoh-contoh sikap persatuan dan kesatuan dalam keberagaman di rumah, lingkungan rumah, dan lingkungan sekolah.

 

E.   METODE PEMBELAJARAN

Pendekatan Pembelajaran   :            Saintifik.

Metode Pembelajaran         : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan, dan ceramah.

 

F.   MEDIA/ALAT, BAHAN, DAN SUMBER BELAJAR

Media/Alat           : Teks bacaan.

Bahan                  : -

Sumber Belajar    : 1. Buku Guru dan Buku Siswa Kelas IV, Tema 1: Indahnya Kebersamaan, Subtema 1: Keberagaman Budaya Bangsaku, Pembelajaran 6. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (Revisi 2017). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

                    

G.  LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi

Alokasi Waktu

Pendahuluan

1.         Kelas dibuka dengan salam, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.

2.          Kelas dilanjutkan dengan doa dipimpin oleh salah seorang siswa.

3.          Siswa difasilitasi untuk bertanya jawab pentingnya mengawali setiap kegiatan dengan doa. Selain berdoa, guru dapat memberikan penguatan tentang sikap syukur.

4.          Siswa diajak menyanyikan Lagu Indonesia Raya. Guru memberikan penguatan tentang pentingnya menanamkan semangat kebangsaan.

5.          Siswa diminta memeriksa kerapian diri dan kebersihan kelas.

6.          Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang tujuan, manfaat, dan aktivitas pembelajaran yang akan dilakukan.

7.          Siswa menyimak penjelasan guru tentang pentingnya sikap santun yang akan dikembangkan dalam pembelajaran.

8.          Pembiasaan membaca. Siswa dan guru mendiskusikan perkembangan kegiatan literasi yang telah dilakukan.

9.          Siswa diajak mengingat kembali tentang suku Minang yang telah dipelajari pada pembelajaran sebelumnya.

15 menit

Kegiatan inti

1.          Setelah siswa mengingat kembali tentang suku Minang, siswa menyimak penjelasan guru bahwa menghargai keragaman dan perbedaan yang ada di sekitar merupakan sikap sebagai warga yang baik.

2.          Siswa diajak membaca kembali teks ‘Suku Minang’ pada Buku Siswa (BS) T1 ST1 P5 halaman 58-59.

3.          Secara mandiri, siswa diminta menemukan dan menuliskan gagasan pokok serta gagasan pendukung untuk setiap paragraf dalam peta pikiran yang terdapat pada BS halaman 67-71.

4.          Siswa menuliskan kesimpulan tentang perbedaan gagasan pokok dan gagasan pendukung dalam kolom yang disediakan pada BS halaman 72.

5.          Setelah membaca teks tentang suku Minang, siswa menyimak saat guru menjelaskan bahwa Indonesia terdiri atas beragam suku, budaya, agama, dan sosial. Keragaman tersebut merupakan identitas bangsa Indonesia. Sebagai warga negara yang baik kita harus menjaga persatuan dan kesatuan dalam perbedaan dan keberagaman tersebut.

6.          Siswa diajak membuat rencana kegiatan yang mencerminkan sikap persatuan dan kesatuan dalam perbedaan di lingkungan rumah serta sekolah.

110 menit

Penutup

1.          Siswa bersama guru melakukan refleksi atas pembelajaran yang telah berlangsung:

·      Apa saja yang telah dipelajari dalam hal menyikapi keberagaman dan perbedaan yang ada di sekitar?

·      Bagaimana caranya agar kita dapat hidup berdampiangan dengan teman-teman yang berbeda latar belakang budaya, sosial, dan agama?

2.          Siswa bersama guru menyimpulkan hasil pembelajaran pada hari ini.

3.         Siswa menyimak penjelasan guru tentang aktivitas pembelajaran pada pertemuan selanjutnya. Termasuk menyampaikan kegiatan bersama orang tua yaitu: menyampaikan hasil refleksi selama belajar satu minggu kepada orang tua di rumah meliputi perasaan saat belajar, hal yang telah dipelajari, kegiatan yang bermanfaat dan menarik lalu menyampaikan hasilnya kepada guru.

4.         Siswa menyimak cerita motivasi tentang pentingnya sikap santun.

5.         Siswa melakukan operasi semut untuk menjaga kebersihan  kelas.

6.         Kelas ditutup dengan doa bersama dipimpin salah seorang siswa.

15 menit

 

H.  PENILAIAN

1.    Teknik Penilaian

a.    Penilaian Sikap

Mencatat hal-hal menonjol (positif atau negatif) yang ditunjukkan siswa dalam sikap santun.

 

b.    Penilaian Pengetahuan

Muatan

Indikator

Teknik Penilaian

Bentuk Instumen

Bahasa Indonesia

3.1.1 Mengidentifikasi gagasan pokok dan gagasan pendukung setiap paragraf dari teks tulis.

Tes tertulis

Soal pilihan ganda

Soal isian

Soal uraian

PPKn

3.4.3 Menjelaskan rencana kegiatan yang mencerminkan sikap persatuan dan kesatuan dalam keberagaman agama.

Tes tertulis

Soal pilihan ganda

Soal isian

Soal uraian

 

c.    Unjuk Kerja

Muatan

Indikator

Teknik Penilaian

Bentuk Instumen

Bahasa Indonesia

4.1.1 Menyajikan gagasan utama dan gagasan pendukung setiap paragraf dari teks tulis dalam bentuk peta pikiran.

Unjuk hasil

Rubrik penilaian pada BG halaman 63.

PPKn

4.4.3 Membuat rencana kegiatan yang mencerminkan sikap persatuan dan kesatuan dalam keberagaman agama.

Unjuk hasil

Rubrik penilaian pada BG halaman 64.

 

 

 

d.    Remedial

Siswa yang belum mampu menentukan gagasan pokok dan gagasan pendukung dengan baik dapat diberikan beberapa bahan bacaan yang lebih sederhana dan diminta untuk menggarisbawahi gagasan pokok paragraf demi paragraf di bawah arahan dari guru.

 

e.    Pengayaan

Apabila ada waktu tersisa, siswa dapat berlatih menulis gagasan pokok dan gagasan pendukung dari teks tambahan yang disediakan guru.

 


 

2.    Bentuk Instrumen Penilaian

a.    Jurnal Penilaian Sikap

No.

Tanggal

Nama Siswa

Catatan Perilaku

Butir Sikap

Tindak Lanjut

1.

 

 

 

 

 

2.

 

 

 

 

 

3.

 

 

 

 

 

4.

 

 

 

 

 

5.

 

 

 

 

 

 

b.    Rubrik Penilaian Bahasa Indonesia

Diagram gagasan pokok dan gagasan pendukung dinilai menggunakan rubrik.

Kriteria

Baik Sekali

(4)

Baik

(3)

Cukup

(2)

Perlu Pendampingan

(1)

Gagasan pokok

Seluruh gagasan pokok ditulis dengan tepat untuk setiap paragraf.

Sebagian besar gagasan pokok ditulis dengan tepat untuk setiap paragraf.

Sebagian kecil gagasan pokok ditulis dengan tepat untuk setiap paragraf.

Seluruh gagasan pokok tidak ditulis dengan tepat untuk setiap paragraf.

Gagasan pendukung

Seluruh gagasan pendukung ditulis dengan tepat untuk setiap paragraf.

Sebagian besar gagasan pendukung ditulis dengan tepat untuk setiap paragraf.

Sebagian kecil gagasan pendukung ditulis dengan tepat untuk setiap paragraf.

Seluruh gagasan pendukung tidak ditulis dengan tepat untuk setiap paragraf.

Penilaian (penskoran):

 

c.    Rubrik Penilaian PPKn

Rencana kegiatan yang mencerminkan sikap persatuan dan kesatuan dalam keberagaman dinilai menggunakan rubrik.

 

Kriteria

Baik Sekali

(4)

Baik

(3)

Cukup

(2)

Perlu Pendampingan

(1)

Rencana penerapan nilai persatuan dan kesatuan di rumah.

Menyebutkan paling sedikit 4 contoh perilaku yang sudah dan belum mencerminkan nilai persatuan dan kesatuan di rumah dengan benar.

Menyebutkan paling sedikit 3 contoh perilaku yang sudah dan belum mencerminkan nilai persatuan dan kesatuan di rumah dengan benar.

Menyebutkan paling sedikit 2 contoh perilaku yang sudah dan belum mencerminkan nilai persatuan dan kesatuan di rumah dengan benar.

Menyebutkan paling sedikit 1 contoh perilaku yang sudah dan belum mencerminkan nilai persatuan dan kesatuan di rumah dengan benar.

Rencana penerapan nilai persatuan dan kesatuan di lingkungan rumah.

Menyebutkan paling sedikit 4 contoh perilaku yang sudah dan belum mencerminkan nilai persatuan dan kesatuan di lingkungan rumah dengan benar.

Menyebutkan paling sedikit 3 contoh perilaku yang sudah dan belum mencerminkan nilai persatuan dan kesatuan di lingkungan rumah dengan benar.

Menyebutkan paling sedikit 2 contoh perilaku yang sudah dan belum mencerminkan nilai persatuan dan kesatuan di lingkungan rumah dengan benar.

Menyebutkan paling sedikit 1 contoh perilaku yang sudah dan belum mencerminkan nilai persatuan dan kesatuan di lingkungan rumah dengan benar.

Rencana penerapan nilai persatuan dan kesatuan di lingkungan sekolah.

Menyebutkan paling sedikit 4 contoh perilaku yang sudah dan belum mencerminkan nilai persatuan dan kesatuan di lingkungan sekolah dengan benar.

Menyebutkan paling sedikit 3 contoh perilaku yang sudah dan belum mencerminkan nilai persatuan dan kesatuan di lingkungan sekolah dengan benar.

Menyebutkan paling sedikit 2 contoh perilaku yang sudah dan belum mencerminkan nilai persatuan dan kesatuan di lingkungan sekolah dengan benar.

Menyebutkan paling sedikit 1 contoh perilaku yang sudah dan belum mencerminkan nilai persatuan dan kesatuan di lingkungan sekolah dengan benar.

Penilaian (penskoran):

 

 

Refleksi Guru:

 

 

Mengetahui,

Kepala SDN 01 Kibang Tri Jaya

 

 

 

 

MURSALIN, S.Pd.

NIP. 19620715 198207 1 001

 

Kibang Tri Jaya, ...................201...

Guru Kelas IV

 

 

 

 

DIDIN NURDIANSYAH, S.Pd.

NIP. 19850607 201407 1 001

 

No comments:

Post a Comment

Materi-Produk-Kreatif-dan-Kewirausahaan-SMK-Kelas-12 BAB 2

  BAB 2 Perakitan Produk     Gambar 2.1 Merakit produk mobil     Tujuan Pembelajaran Sete...